Menu Close Menu

KPU Launching Pilkada 2020, MBA; Selamat Menjalankan Amanah Undang-undang

Jumat, 28 Februari 2020 | 08.48 WIB

DHEAN.NEWS SELAYAR - Komisioner KPU RI Ilham Saputra Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar Tahun 2020 di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Kamis (27/2/2020) malam.

Launching pilkada 2020 yang diselenggarakan melalui Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar ditandai dengan pemukulan gong sekaligus peluncuran maskot pilkada 2020 berupa tugu patung jeruk yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Kepulauan Selayar. Sementara peluncuran jingle pilkada Selayar juga masuk menjadi salah satu agenda dalam launching pilkada tersebut. 

Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali yang juga hadir menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas launching pilkada tersebut. 

"Selamat menjalankan amanah undang-undang kepada KPU Selayar bersama jajarannya," ucap Basli Ali. 

Bupati juga menitip harapan agar pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dapat terselenggara dengan baik tanpa dicederai oleh adanya pelanggaran baik dari pihak penyelenggara, kontestan pemilihan, parpol pendukung, tim sukses, maupun para simpatisan. 

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Selayar Nandar Jamaluddin mengemukakan momentum pilkada, oleh KPU Kabupaten Kepulauan Selayar adalah amanah yang amat besar yang dititipkan oleh negara. Namun kemudian secara internal dilakukan pembagian tugas pada komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Selayar sesuai dengan job masing-masing. 

Urusan teknis dalam setiap tahapan penyelenggaraan pilkada oleh KPU, kata Nandar akan sangat memastikan dan menentukan seberapa jauh dan seberapa kuat dan mutu penyelenggaraan pilkada. Itu akan sangat dipengaruhi oleh proses tahapan yang dibangun oleh KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, jelasnya. 

"Launching pilkada yang kita gelar malam ini adalah merupakan deklarasi sebagai bentuk kesiapan KPU secara kelembagaan untuk menyelenggarakan pilkada," kata Nandar Jamaluddin. 

Meski demikian hal yang jauh lebih substantif adalah urusan-urusan teknis operasional yang dikawal oleh KPU secara kelembagaan. Pesan yang terkandung di dalamnya adalah bagaimana proses demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati berjalan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan regulasi dan berintegritas. 

Terkait dengan hal tersebut, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Selayar mengajak agar seluruh stakeholder dapat bersama-sama dan bersinergi memastikan bahwa pemilihan itu benar-benar berintegritas. 

Sementara Komisioner KPU RI Ilham Saputra meminta dukungan dari semua pihak untuk membantu mensupport, mengawasi dan memfasilitasi penyelenggaraan pilkada di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

"Kepada pihak penyelenggara pilkada agar dapat memastikan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran, karena kalau terbukti kami tidak akan mensupport dan langsung melakukan pemecatan," jelasnya. 

Olehnya itu Ilham Saputra mengimbau kepada KPU Kabupaten Kepulauan Selayar agar pada saat melakukan pelantikan PPK supaya memastikan bahwa mereka yang dilantik itu adalah orang-orang yang berintegritas. 

Hadir dalam launching pilkada ini Sekda Selayar Marjani Sultan, unsur forkopimda, Ketua TP PKK Hj. Andi Dwiyanti Musrifah Basli, mantan Wabup Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH., Rektor UIN Prof. Dr. Hamdan Juhainis, Ketua Bawaslu dan jajarannya para pimpinan OPD serta undangan lainnya. (IM)

Komentar