Menu Close Menu

Upacara dan simulasi warnai peringatan HKN ke-55 di Takalar

Selasa, 12 November 2019 | 08.30 WIB

DHEAN.NEWS TAKALAR - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55 di Kabupaten Takalar digelar melalui upacara gabungan yang dilaksanakan di Lapangan Upacara kantor Bupati Takalar, Selasa (12/11/2019) pagi. 

Dandim 1426/Takalar Letkol. Inf. Irham Yunus menjadi inspektur upacara sekaligus membacakan serentak Menteri Kesehatan RI. 

Dengan mengangkat tema HKN tahun ini yakni Generasi Sehat Indonesia Unggul, upacara berlangsung khidmat diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Takalar serta anggota TNI-Polri. 

Sesuai arahan Presiden RI, ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM berkualitas yaitu stunting dan jaminan kesehatan nasional. 

"Sementara ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan dalam negeri. Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya," Papar Dandim 1426/Takalar Letkol Inf. Ilham Yunus. 

Dalam persepektif ini lanjut Dandim 1426/Takalar, pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan. 

Optimalisasi inovasi layanan kesehatan di maksudkan untuk mengefisienkan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu. 

Sementara harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan terkait konektivitas antar kementrian dan lembaga lintas sektor maupun unit-unit kerja lintas program terkait lebih ditingkatkan agar tidak tumpang tindih sehingga fokus pada masalah kesehatan. 

"Untuk itu, saya berharap kita dapat bekerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku. Khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan serta penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah berkualitas," Tutup Letkol. Inf. Irham Yunus. 

Diawal pembacaan sambutannya, Dandim 1426/Takalar juga mengapresiasi tim pengibar bendera yang merupakan perempuan. 

Upacara juga disertai dengan simulasi kesehatan oleh tenaga medis dan kesehatan kabupaten Takalar.

Komentar