Menu Close Menu

Angka Rp2 Triliun Merupakan Target Pendapatan Asli Daerah oleh Bapenda Makassar

Selasa, 12 November 2019 | 07.00 WIB

DHEAN.NEWS MAKASSAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar menargetkan pendapatan daerah sebesar Rp2 triliun. Dibanding angka tahun lalu yang berkisar Rp1,6 trilun, target kali ini meningkat sekitar Rp400 miliar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar optimis mencapai target yang telah ditetapkan. Menurutnya, optimalisasi pendapatan melalui sistem online yang dilakukan oleh Korsupgah KPK membawa dampak positif terhadap PAD Kota Makassar.

Hal itu dilihat dari adanya peningkatan pendapatan penerimaan pajak daerah dalam beberapa bulan terakhir. Berdasarkan data yang terkumpul hingga pertengahan tahun 2019 penerimaan pajak daerah mencapai Rp409,80 miliar. Angka tersebut masih mengalami peningkatan hingga Rp813,45 miliar atau surplus 4,46% dalam jangka waktu empat bulan terakhir, dari Juli hingga Oktober 2019.

Menurut Ketua Bapenda Makassar, untuk mencapai target tersebut, pihak Bapenda akan mengoptimalkan pemasangan alat perekam pajak. Ada 502 unit alat yang terpasang di empat jenis pajak yakni hotel, restoran, parkir dan hiburan. TMD sebanyak 136 unit, tiping box 92 unit, barebone 101 unit, dan MPOS 173 unit. Sistem online ini akan diterapkan secara menyeluruh, bahkan akan ada penambahan alat sampai 600 unit, dan tahun depan akan ditambah terus sehingga potensi pendapatan semakin besar.

Bapenda Makassar juga gencar dengan jenis Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Sebab kedua jenis pajak tersebut memberi kontribusi yang cukup besar bagi peningkatan PAD Kota Makassar.

Tidak hanya fokus dengan pemasangan alat, Bapenda bekerjasama dengan Satpol PP untuk mengawasi alat perekam pajak yang terpasang. Jika ditemukan pelanggaran, maka Bapenda Makassar akan memberikan teguran ke wajib pungut pajak tersebut. Apabila teguran tidak diindahkan oleh wajib pungut pajak, wajib pajak tersebut akan menerima spanduk teguran.

Komentar