Menu Close Menu

Tingkatkan SDM di Bidang Perikanan, Pemkab Takalar Gelar Workshop

Sabtu, 06 Juli 2019 | 13.15 WIB
DHEAN.NEWS TAKALAR - Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Takalar gelar Halal Bi Halal dan Workshop Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Perikanan di Kabupaten Takalar kerjasama dengan Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) Prov. SulSel. Acara digelar di Aula Hotel Sampulungan Galesong. Jum'at (5/7/2019) sore. 

Workshop dibuka secara resmi Bupati Takalar H. Syamsari,S.Pt.MM dihadiri Ketua T.P. PKK Kab. Takalar Dr. Hj. Irma Andriani,S.Pi.,M.Si,  Ketua T.P PKK Prov. SulSel Ir. Lies F. Nurdin M. Fish selaku Anggota Pengurus ISPIKANI,  ketua ISPIKANI Prov. SulSel, Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. SulSel, para Pimpinan OPD, Para Camat di Kab. Takalar serta para anggota T.P. PKK Kab. Takalar. 

H. Syamsari dalam sambutannya menjelaskan tentang visi dan misi Kabupaten Takalar dan juga menjelaskan tujuan umum program pembangunan kelautan dan perikanan Kab. Takalar serta potensi perikanan dan kelautan Kab. Takalar. 

"Jadi Tujuan umumnya adalah untuk peningkatan profuksi serta  pendapatan nelayan, Budidaya dan pengolah. Peningkatan usaha Intensifikasi dan ekstensifikasi, terbinanya pola usaha dari hulu ke hilir, Pemenuhan kebutuhan pasar domestik sesuai standar baku mutu dan keterlibatan stake holder". Urai H. Syamsari. 
Harapan Pemda di masa depan adalah adanya hubungan sinergitas antara semua stake holder baik dari masyarakat, Pemerintah, pendidik, pemerhati dan lembaga penyedia modal. Selain itu produksi budidaya dan penangkapam serta pengolahan berkesinambumgan, memutus rantai ijon, hasil prdulsi ada yang menjamin (pengusaha), terbentuknya koperasi yang menjamin proses distribusi serta diterima pasar nasional maupun internasional. 

Sementara itu, Kadis Kelautan dan Perikanan Takalar Sirajuddin Saraba,S.Sos.M.Si selaku ketua Penyelenggara dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan berlangsung karena adanya dukungan langsung dari T.P PKK Kab. Takalar sehingga dapat terlaksana dengan baik. Dengan mengangkat tema "Dengan peningkatan SDM perikanan kita tingkatkan sumber daya perikanan yang lestari menuju takalar yang unggul sejahtera dan bermartabat". 

"Selain itu, kegiatan ini berlangsung  berdasar dari apa yang menjadi kebijakan Pemerintah Daerah  terkait dengan visi Pemerintah daerah yakni terwujudnya Kabupaten Takalar yang lebih unggul, Sejahtera dan Bermartabat. Dan juga berdasar pada 22 Program unggulan Bupati dan wakil Bupati Takalar dimana dari 22 program unggulan tersebut ada beberapa yang terkait di sektor perikanan". Jelas Mantan Kabag. Pembangunan tersebut dalam laporannya. 

"Workshop ini juga disandingkan dengan Halal Bi Halal yang dihadiri oleh pengurus ISPIKANI baik dari Kabupaten Takalar maupun dari Prov. SuLSel, dengan harapan ada masukan untuk bagaimana Takalar ke depan sehingga menjadi lebih maju lagi khususnya di sektor Perikanan dan Kelautan". Tambahnya lagi. 

Kehadiran Ketua Tim Penggerak PKK Prov. SulSel disambut dengan pengalungan sarung sutra di depan Hotel Sampulungan Galesong.

Komentar