Menu Close Menu

Kunjungan RI 1 di Bali, TNI-Polri Gelar Apel Kesiapan Pengamanan

Kamis, 13 Juni 2019 | 23.04 WIB
DHEAN.NEWS BALI - Ribuan personel gabungan TNI-Polri melaksanakan apel gelar pasukan di Lapangan Niti Mandala Renon, Kamis (13/6) sekitar pukul 07.30 Wita.

Apel ini digelar dalam rangka mengecek kesiapan pengamanan kedatangan Presiden Ir. Hj. Joko Widodo beserta Ibu Presiden Nyonya Hj. Iriana Joko Widodo untuk membuka Pekan Kesenian Bali (PKB) XLI tahun 2019 pada tanggal (15/6).

Apel gelar pasukan yang dipimpin Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri ini dihadiri oleh Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya, Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Ruddi Setiawan  S.I.K. serta sejumlah pejabat utama Kodam IX/Udayana.

Dalam amanatnya, Brigjen TNI Kasuri mengatakan, Kodam IX/Udayana bersama Polda Bali, Pemerintah Daerah Bali dan unsur pendukung lainnya akan melaksanakan pengamanan tamu VVIP yaitu kedatangan Presiden RI, Ir. Hj. Joko Widodo beserta Ibu Presiden Nyonya Hj. Iriana Joko Widodo. Seluruh stakeholder akan selalu bersinergi sesuai tugas pokok masing-masing agar pengamanan dapat berjalan optimal. 
Untuk itu, dalam pelaksanaannya dituntut kejelasan tugas dan tanggung jawab serta rantai komando yang efektif serta efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan seperti obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik. “Apel gelar pasukan Ops Puri Agung VI 2019 ini juga merupakan sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan untuk menghindari terjadinya hambatan sekecil apapun,” kata Brigjen Kasuri.

Selanjutnya, orang nomor dua di Kodam IX/Udayana ini meminta kepada seluruh peserta apel untuk memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing dan memegang teguh disiplin dan rantai komando secara jelas, tidak lengah serta meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan situasi di lapangan. “Jalin komunikasi dan koordinasi antar unsur pengamanan secara optimal serta laporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi sesuai hirarki,” tegasnya.

Sementara Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya menjelaskan bahwa Polda Bali menggelar Ops Puri Agung VI 2019 untuk mengamankan kedatangan Wakil Presiden. Pihaknya menerjunkan personel untuk melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup.

Kemudian perwira melati tiga di pundak ini meminta kepada seluruh Kasatgas untuk mengecek anggota bawahannya dan sarana prasarana pendukung tugas di lapangan. “Seluruh Satgas yang terlibat dalam Ops Puri Agung VI agar melaksanakan pengamanan secara all out serta meningkatkan koordinasi dengan TNI dan stakeholder lainnya agar seluruh rangkaian kegiatan Presiden RI beserta Ibu Presiden di Bali berjalan lancar dan sesuai dengan rencana,” kata Kombes Pol. Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya

Komentar