Menu Close Menu

MENIKUM dan JARUM PENTUL, Dua Inovasi Pelayanan Publik Kemlu Raih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Kamis, 20 September 2018 | 18.40 WIB

DHEAN.NEWS SURABAYA - Dua inovasi pelayanan publik dari Kementerian Luar Negeri, MENIKUM dan JARUM PENTUL, berhasil menyabet Top 99 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, kepada Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Dirjen IDP) Kementerian Luar Negeri, Cecep Herawan, dan kepada Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) untuk Kota Kinabalu, Khrisna Djelani, di Surabaya, Selasa (19/9).

MENIKUM (MENIkah Untuk Melindungi) dibangun dan dijalankan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kota Kinabalu. Sementara itu, program JARUM PENTUL (JAdi Relawan museUM itu PENting dan gaUL) yang dibangun dan dilakukan oleh Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung di bawah penanganan Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu.


Program MENIKUM merupakan inovasi pelayanan publik untuk proses pengesahan pernikahan bagi WNI di wilayah kerja KJRI Kota Kinabalu yaitu wilayah negara bagian Sabah, Malaysia. MENIKUM merupakan implementasi dari NAWACITA untuk menghadirkan peran negara di hadapan seluruh WNI, serta selaras dengan kebijakan Menteri Luar Negeri RI untuk memberikan pelindungan “Beyond Protection". Program ini telah secara nyata memberikan perlindungan kepada anak-anak yang lahir dari pernikahan tersebut, yang tidak hanya dari segi terpenuhi hak-hak dasar serta kejelasan status hukum seorang anak, juga namun kemudahan untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak dan pengurusan dokumen resmi seperti Akte Kelahiran maupun Paspor.

Program inovasi lainnya, JARUM PENTUL, merupakan program kerelawanan yang mempromosikan kebiasaan baru bahwa tanggung jawab pengembangan museum tidak melulu oleh museum tetapi juga oleh masyarakat, terutama generasi muda. Diplomasi publik yang membuka kesempatan berbagai elemen masyarakat untuk turut serta dalam diplomasi telah mengubah partisipasi publik dalam JARUM PENTUL di Museum KAA menjadi kontribusi aktif terhadap upaya promosi strategi diplomasi publik berbasis nilai-nilai unggul Indonesia.

KIPP 2018 diikuti oleh 2.824 program inovasi lainnya dari unit kerja pelayanan publik Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, serta BUMN/D seluruh Indonesia. Program MENIKUM dan JARUM PENTUL bersama dengan peraih Top 99 lainnya akan kembali mengikuti seleksi untuk masuk pada tahap akhir, Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018. ​

Komentar