Menu Close Menu

Kerja Sama Donor Darah, Wujud Persahabatan Indonesia-Pakistan

Jumat, 14 September 2018 | 13.47 WIB

DHEAN.NEWS PAKISTAN - Dalam rangka mendukung ketersediaan darah hasil donasi sukarela di Pakistan, KBRI Islamabad dan Rotary Club Distrik-3272 Pakistan menandatangani Nota Kesepahaman kerja sama donor darah di Rotary Centre, Lahore, Pakistan, Selasa (11/9).

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Duta Besar RI Iwan Suyudhie Amri dan Gubernur Distrik Rotary Club Mubarak Ali Shahid. Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan ​untuk menjaga terselenggaranya sistem donor darah sukarela yang berkesinambungan melalui kegiatan donor darah dan seminar kesadaran untuk melakukan donor darah atas dasar nilai-nilai kemanusiaan.

Dubes Iwan Amri menyampaikan penghargaan kepada Rotary Club sebagai sebuah organisasi masyarakat yang anggotanya berasal dari latar belakang berbeda dan bersedia mengabdi kepada masyarakat secara professional dengan memberikan praktik terbaik mereka. “Meskipun sejarah aktifitas sosial para Rotarian telah dikenal luas, namun saya ingin secara khusus memuji altruisme atau filantropi yang telah menjadi ciri khas Rotary Club bagi masyarakat," Dubes Iwan menambahkan.

Sementara itu Gubernur Distrik RC menyatakan bahwa penandatangan MoU ini merupakan peristiwa bersejarah karena sebagai sebuah langkah kepedulian yang nyata bagi masyarakat Pakistan yang memerlukan bantuan darah. Baik Dubes Iwan maupun Ali Shahid sepakat kerjasama ini sebagai salah satu bukti persahabatan kedua negara yang kuat dan kokoh.

Pada kesempatan itu Dubes RI juga menekankan pentingnya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk mendonorkan darah secara sukarela. Penting untuk mengembangkan kepercayaan publik untuk pelaksanaan donor darah yang aman dalam jumlah yang tidak membahayakan kesehatan. Untuk itu, melalui kerjasama ini KBRI Islamabad dan Rotary Club akan bergandengan tangan dalam melakukan kampanye donor darah yang terorganisir dengan dukungan media dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Penandatanganan MoU kerjasama donor darah ini dilaksanakan menjelang pelaksanaan kegiatan donor darah di KBRI Islamabad pada tanggal 15 September 2018 bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Pakistan (Pakistan Red Crescent Society). Kegiatan donor yang merupakan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tersebut menjadi agenda tahunan KBRI Islamabad dan menjadi satu-satunya yang dilakukan oleh kedubes asing di Pakistan. Donor darah kali ini melibatkan para diplomat asing, pelajar Pakistan dan masyarakat Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong rencana aksi untuk meningkatkan jumlah pendonoror darah sukarela sesuai dengan tema Hari Donor Darah Sedunia 2018: Give Blood. Share Life.​ (Sumber: KBRI Islamabad)

Komentar