Menu Close Menu

PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI GELAR SAFARI RAMADHAN DI MAKOREM 043/GARUDA HITAM, PROVINSI LAMPUNG

Selasa, 05 Juni 2018 | 10.44 WIB

DHEAN.NEWS LAMPUNG – Senin (4/06/2018) demi menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, rangkaian kegiatan Safari Ramadhan yang diprakarsai oleh Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP menyambangi wilayah Lampung. Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan di Bandara Internasional Raden Inten II Lampung pada pukul 16.00 WIB disambut dengan Tari Sembah Sigeh Penguten dan Pengalungan Kain Tapis Lampung.




Acara dihadiri oleh PJS Gubernur Lampng Dr. Drs. Didik Suprayitno MM, Ketua DPRD Lampung H.Dedi Aprizal, S. Kep, Pangdam II / Sriwijaya Mayjen TNI Anto Mukti Putranto, S. Sos,  Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si, Kajati Lampung Dr. Sulistio Yustinus, SH, MH, Kepala pengadilan Tinggi Lampung Zaid Umar Bobsaid, SH, MH, Kabinda Lampung Brigjen TNI Daru Cahyono, Ka BNN Lampung Brigjen Pol Tagam Sinaga, SH, Kordan Kemhan Lampung Kolonel ( Kav ) Robert Owen, Danrem 043/Garuda Hitam Kolonel ( Kav ) Erwin Jatniko, S.Sos, Danlanal Lampung Kolonel Laut ( P ) Albertus Agung Priyo Suseno, Danbrigif 3 Marinir Kolonel ( Mar ) Agung Trisnanto, Danlanud Pangeran M.Bun Yamin Letkol ( Pnb ) Ahmad Mulyono, SE, MM, Para Walikota / Bupati dan Forkopimda Provinsi Lampung, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Pondok pesantren dan para santri, Tokoh Pemuda dan prajurit TNI / Polri lebih kurang 1.717 orang.

Dalam kunjunganya Kapolri beserta Ibu Ketua Umum Bhayangkari Ny. Tri Tito Karnavian didampingi oleh Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol Drs. Deden Juhara, Kadiv Propam Polri Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si, Karo Provost Divpropam Polri, Brigjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si dan Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H.

Sedangkan rombongan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., beserta Ibu Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanik Hadi Tjahjanto dan Pejabat pendamping Mabes TNI diantaranya Asintel Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Benny Indra Pujihastono, Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, Kapuspen TNI, Mayor Jenderal TNI M. Sabrar Fadhilah, dan Kapusbintal TNI, Laksma TNI Budi Siswanto, S.T., M.A.P.

Lantunan merdu ayat suci Al-Quran mengawali kegiatan Safari Ramadhan yang diselenggarakan di Makorem 043/Garuda Hitam. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Anto Mukti Putranto, S. Sos yang menyampaikan selamat datang kepada Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan. Tak lupa Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Anto Mukti Putranto, S. Sos melaporkan situasi dan kondisi terkini di wilayah Lampung yang sangat aman dan nyaman. Hal ini tidak terlepas dari usaha keras komunikatif dari Kapolda Lampung, sehingga sinergitas yang juga didukung oleh tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan Forkopimda dapat terjalin dengan harmonis. 

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Anto Mukti Putranto, S. Sos meyakinkan dan menjamin bahwa   agenda pemilu tahun ini akan berlangsung aman dan kondusif. Selain itu, kedatangan Panglima TNI dan Kapolri ke wilayah Lampung dipandang sebagai momentum yang sangat berharga karena ini baru pertama kalinya Panglima dan Kapolri hadir disini. Untuk itu, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Anto Mukti Putranto, S. Sos berharap melalui kegiatan ini dapat semakin menumbuhkan sikap saling mengerti dan memahami sehingga membawa dampak kebaikan bagi semua. 




Aksi terorisme di Mako Brimob dan Surabaya dipandang telah menodai kesucian bulan Ramadan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. Dalam sambutannya itu juga, Panglima TNI menyerukan agar seluruh rakyat Indonesia menyingkirkan rasa takutnya terhadap terorisme dan meningkatkan kewaspadaan akan radikalisme yang pertumbuhannya kian pesat, sehingga bantuan dukungan dari seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan untuk melawan radikalisme yang berujung kepada aksi anarkisme ini. 

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. mengingatkan kembali bahwa beberapa waktu yang lalu aparat menangkap sejumlah mahasiswa yang diduga terpapar paham radikalisme. Hal ini membuktikan pentingnya upaya pencegahan masuknya paham radikalisme dengan cara membuka wawasan dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Oleh karena itu, atas nama keluarga besar TNI dan Polri, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. mengajak seluruh masyarakat bersatu melawan aksi terorisme, mengingat sebentar lagi Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi dan Asian Games 2018 dimana Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah, maka besar harapan acara tersebut dapat terselenggara dengan aman dan lancar.
Memasuki waktu berbuka puasa, Panglima TNI, Kapolri beserta rombongan dan tamu yang hadir mendengarkan tausiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. KH. Makruf Amin selaku ketua MUI Pusat. Dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah yang dipimpin oleh Imam Dr. Abdurhaman, MA. Usai sholat, Panglima TNI dan Kapolri memberikan bingkisan dan santunan kepada 10 orang perwakilan anak yatim dan warakawuri, dengan total 410 bingkisan.


Kemudian disambung sholat Isya dan Tarawih. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan penulisan pesan Panglima dan Kapolri kepada prajurit Korem 043/Garuda Hitam.

Komentar