Menu Close Menu

PKM Peningkatan Kualitas Sanitasi Lingkungan Perumahan Melalui Konstruksi Drainase Saluran Pembuangan Air Kotor Rumah Tangga Desa Samangki Kec. Simbang Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan

Jumat, 22 September 2023 | 18.02 WIB


MAROS - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat salah satunya di Desa Samangki Kec. Simbang Kabupaten Maros. Kegiatan dengan judul PKM Peningkatan Kualitas Sanitasi Lingkungan Perumahan Melalui Konstruksi  Drainase Saluran Pembuangan Air Kotor Rumah Tangga Desa Samangki Kec. Simbang Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan oleh tim pengabdi yang diketuai oleh Dr. H. Faizal Amir, M.Pd didampingi oleh Prof. D.r H. Muhammad Ardi, M.S dan Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A.Rauf, M.T., IPU. 

Kegiatan yang menjadi agenda tahunan sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi mendapat dukungan penuh dari ketua LP2M Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A.Rauf, M.T., IPU dan Rektor UNM Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU dan mendapat respon positif dari Ibu Kepala Desa Samangki Hj. Darwana, S.Pd. Dalam kegiatan PKM, mahasiswa dan dosen pendamping dapat melakukan kegiatan penelitian, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, teknologi, dan karsa cipta. Kegiatan pengabdian masyarakat berhubungan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) di Program Kampus Merdeka kriteria 2, kriteria 3 dan kriteria 5 serta pemenuhan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi.



Kegiatan PKM dilakukan melalui beberapa bentuk kegiatan, yaitu pelatihan, pembinaan, dan penyuluhan kepada masyarakat. Dalam hal ini, tim pengabdi memberikan pelatihan kepada petani kecil tentang teknik pembuatan bak penampungan air kotor buangan rumah tangga yang aman dan sehat. Selain itu, tim pengabdi juga memberikan pembinaan dan pendampingan dalam pelaksanaan kegiatan serta monitoring kegiatan.Diharapkan dengan adanya kegiatan PKM ini, petani kecil di Desa Samangki dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam membuat bak penampungan air kotor buangan rumah tangga yang aman dan sehat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Desa Samangki.


Komentar