Menu Close Menu

KPU Kepulauan Selayar Uji Coba E-Coklit Data Pemilih di Dua TPS

Jumat, 15 Mei 2020 | 00.10 WIB

Dheannews Selayar- KPU Kepulauan Selayar melaksanakan Uji Coba Aplikasi e-coklit data pemilih  di dua TPS di Kabupaten Kepulauan Selayar. Uji coba tersebut dilaksanakan di  TPS 001 Dusun Embayya Desa Buki Kecamatan Buki dan TPS I Lingkungan Parappa  Kelurahan Bontobangun Kecamatan Bontoharu Kepulauan Selayar, hari ini Kamis, 14/05/2020.

Koordinator Divisi Teknis Anggota KPU Kepulauan Selayar Andi Dewantara, SH mengungkapkan  E-Coklit dilakukan KPU Kepulauan Selayar dengan menugaskan Tim Pelaksana dimana, masing-masing Tim terdiri  5 (lima) orang Tim Coklit turun langsung melakukan pendataan dengan petugas tetap mengikuti protap penanganan covid 19 , menghindari kerumunan, jaga jarak , gunakan masker.

" Petugas  coklit hanya mengunjungi ketua RT, di Desa Buki  Tim Coklit dipimpin oleh  Ketua PPK non aktif kec. Buki  Andi Mappatutu, sedangkan  di  Kecamatan Lingkungan Parappa Kecamatan Bontoharu dipimpin oleh  Ketua Tim Pelaksana  ketua PPK  non aktif Abdul Rajab"

Lebih lanjut Dewantara menjelaskan bahwa  Kegiatan Uji Coba E-Coklit dilaksanakan untuk menguji  efektivitas aplikasi E-Coklit. Aplikasi e-coklit ini adalah aplikasi yang dibuat oleh KPU Kota Makassar. Aplikasi tersebut disambut oleh KPU RI, namun sebelum dilakukan Uji Coba secara Nasional   perlu dilakukan Uji Coba lokal. Oleh karenanya uji coba E-Coklit ini dilakukan di 12 Kabupaten Kota se Sulsel.

" Uji Coba Aplikasi ini juga dilaksanakan untuk membandingkan kelebihan E-Coklit dengan coklit secara manual. Jika dianggap efektif dan efisien, maka selanjutnya akan dilakukan Uji coba secara Nasional. Namun tetap pemberlakuannya tentu ditentukan oleh keputusan KPU RI", tambahnya.

Diakhir penjelasannya,  Andi Dewantara menjelaskan bahwa hasil Uji Coba e-Coklit dikirim ke KPU Provinsi untuk selanjutnya akan dilakukan evaluasi. Kita tentunya berharap Aplikasi yang merupakan inovasi asal Sulsel ini dapat diberlakukan secara Nasional, sebagai sebuah kebanggaan dan dapat mempermudah pelaksanaan Pemilu di Indonesia.

As

Komentar