Menu Close Menu

Jenderal Budi Gunawan, Tokoh Dibalik Bertemunya Jokowi dan Prabowo

Senin, 15 Juli 2019 | 10.07 WIB
DHEAN.NEWS JAKARTA - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto didampingi Kepala BIN Budi Gunawan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, serta Waketum Partai Gerindra Edhy Prabowo. 

Belakangan diketahui pertemuan ini berhasil lantaran usaha keras dan kerja senyap Budi Gunawan.

Berbagai apresiasi mengalir untuk Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang tampak sibuk saat pertemuan antara presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto berlangsung, Sabtu (13/7/2019).

Terlihat Mantan Wakapolri itu terlihat tak pernah jauh dari Jokowi dan Prabowo sepanjang pertemuan kedua tokoh yang bersaing di Pilpres 2019 tersebut.

Belakangan diketahui Budi Gunawan menjadi tokoh sentral terjadinya pertemuan bersejarah tersebut.

Dalam analisis Ketua Umum Kongres Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama, peran BG -inisial kondang untuk Budi Gunawan- sangat tampak dalam pertemuan antara Jokowi dan Prabowo. 

“Saya apresiasi untuk Kepala BIN, akhirnya Pak Prabowo dan Jokowi bisa bertemu,” ujar Haris melalui layanan pesan, Sabtu (13/7/2019).

Menurutnya, pertemuan Jokowi dan Prabowo merupakan simbol kembali bersatunya rakyat Indonesia pascakontestasi Pilpres 2019 yang berdampak kepada polarisasi masyarakat.

“Pertemuan itu mendorong masyarakat bawah untuk kembali berpelukan, berpegangan erat bahwa kita satu nusa dan satu bangsa,” tutur Haris.

Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu juga mengapresiasi para pejabat yang mendampingi Presiden Jokowi saat bertemu Prabowo. 

Selain BG, pejabat yang ikut mendampingi Presiden Ketujuh RI itu adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Mereka (yang mendampingi) tidak hanya berpikir menjaga situasi dan keamanan saat kompetisi (pilpres) saja, melainkan juga mereka tetap berpikir bagaimana menenangkan seluruh hati rakyat Indonesia,” tandas Haris.

Sebelumnya Pramono Anung mengungkapkan bahwa BG bekerja diam-diam demi mempertemukan kedua tokoh tersebut. 

“Pak Budi Gunawan Kepala BIN, beliau bekerja tanpa ada suara,” kata Pramono di FX Sudirman, Jakarta yang menjadi tempat Jokowi dan Prabowo makan siang bersama.

Pramono Anung yang ikut mendampingi pertemuan Jokowi dan Prabowo mengatakan, Budi Gunawan bekerja keras merancang pertemuan Jokowi dan Prabowo hingga terealisasi Sabtu ini.

Dibalik pertemuan kedua tokoh tersebut ada nama Kepala BIN, Budi Gunawan yang memiliki peran penting dalam keberhasilan pertemuan yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.

Karena itu, ia mengaku bersyukur atas suksesnya kerja keras Budi Gunawan.

“Alhamdulillah apa yang dikerjakan hari ini tercapai,” kata dia.

Komentar