Rutan Pinrang Gelar Yasinan, Karutan : WBP Berhak Dapat Pendidikan Keagamaan | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Rutan Pinrang Gelar Yasinan, Karutan : WBP Berhak Dapat Pendidikan Keagamaan

Minggu, 07 Oktober 2018 | 11.58 WIB
DHEAN.NEWS PINRANG – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang memaksimalkan pembinaan keagamaan kepada ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan menggelar Yasinan, Jumat, (05/10/2018) di Masjid Al-Ikhlas Rutan Pinrang. Tak hanya WBP, Yasinan juga diikuti seluruh staf Rutan Pinrang.

Kepala Rutan Pinrang, Ali Imran, mengatakan pihaknya akan melakukan terus pembinaan keagamaan secara bertahap dan berkelanjutan kepada para WBP. Dimulai dari pendidikan baca Al Quran dari Iqra, selanjutnya ditingkatkan pada level baca khusus surah-surah pendek dalam Juz Amma, lalu pendidikan baca Al Quran besar 30 Juz.

“WBP berhak mendapatkan pendidikan keagamaan untuk bekal jika masa tahanan telah selesai,” ujar Ali Imran.
Lanjut Imran, Apalagi selama ini penjara dipandang sebagai tempat yang menyeramkan bagi sebagian orang, Padahal ada banyak program pendidikan dan kegiatan positif lainnya yang diberikan kepada para WBP selama proses penahanan.

“Selain pembinaan keagamaan, kami juga memberikan keterampilan melalui kerja sama dengan dinas terkait. Jadi, WBP tidak hanya memiliki keterampilan, namun juga bisa tetap membaca Al Quran,” tambah Imran seraya menjelaskan WBP di Rutan Pinrang saat ini berjumlah 415 orang dan didominasi oleh kasus penyalahgunaan narkotika, pencurian, dan asusila.

Sementra itu, Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Pinrang, Rusdin, menjelaskan kegiatan Yasinan merupakan program pembinaan mental kepada WBP yang dilaksanakan tiap Hari Jumat pagi.

"Adapun kegiatan mental atau rohani lainnya antara lain belajar membaca Al Quran setiap hari Rabu sampai kamis dan Jumat untuk mendidik WBP agar lebih memahami dan mengamalkan ajaran agama serta lebih mendekatkan diri kepada Allah." Pungkas Rusdi. (SMpin)




Komentar