Menu Close Menu

Launching Program BEKERJA, Bupati Takalar Ajak Warga Sadar Perubahan

Kamis, 25 Oktober 2018 | 16.58 WIB
DHEAN.NEWS TAKALAR - Bupati Takalar H. Syamsari,S.Pt.MM didampingi Perwakilan Direktorat Perbibitan Dirjen Kementerian Peternakan RI melaunching Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) tahun 2018 di Tribun Lapangan H. M. Dg. Sibali Takalar. Kamis, 25 Oktober 2018. 

Program BEKERJA merupakan program Kementrian Pertanian untuk mengentaskan kemiskinan, khususnya masyarakat yang berada di kategori pra sejahtera. 

Salah satu solusi yang Pemkab dapatkan saat ini adalah mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Besar Veteriner Maros berupa bibit ternak ayam, bibit kelapa, bibit mangga dan sayur yang akan dibagikan kepada warga Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kab. Takalar. 
Launching Program BEKERJA ditandai dengan penabuhan gendang, dan penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Takalar kepada 4 perwakilan RTM dari kecamatan Polut dan 4 orang perwakilan Kecamatan Mangarabombang. 

Kepala Dinas Pertanian Takalar Muh. Hasbi dalam laporannya menjelaskan bahwa sebanyak 150 ribu ekor ayam akan dibagikan kepada 2500 KK RTM, dengan rincian 50 ekor per Kepala Keluarga RTM. 

Selain bantuan ternak ayam, masing-masing penerima ternak ayam ini juga mendapatkan bantuan bibit kelapa, bibit mangga dan bibit sayuran masing-masing minimal 2 bibit. 

"Kami laporkan bahwa ke 2500 KK RTM ini terdiri dari 1000 RTM dari kecamatan Mangarabombang dan 1500 RTM dari Kecamatan Polongbangkeng Utara. Kedua kecamatan tersebut dipilih mendapatkan bantuan ini karena merupakan kecamatan yang tingkat kemiskinannya tertinggi sesuai dengan hasil verifikasi tim Kemenpan, Dinas Sosial dan dinas Pertanian kab. Takalar". Jelas Muh. Hasbi selaku leading sektor distribusi bantuan tersebut.
Sementara itu, Bupati Takalar H. Syamsari dalam sambutannya berharap agar titipan pemerintah yang sudah dirancang oleh Presiden RI bersama Kementerian Pertanian dan Kementerian sosial agar dapat dijaga dan dikembangbiakkan agar dapat meningkatkan kesejahteraan di rumah tangga masing-masing. 

"Paket komplit yang diberikan seperti ayam, bibit mangga, bibit kelapa dan sayur untuk RTM ini memang dirancang agar mendapatkan penghasilan warga yang lebih tiap saat. Kita harus mengubah diri untuk menjadikan kehidupan lebih baik," Urai H. Syamsari.

Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat Mengubah pendapatan warga yang kurang mampu. Pemberian BEKERJA ini, semoga 3 bulan ke depan pendapatannya dapat meningkat.

Komentar