Presiden Perintahkan Menko Polhukam-TNI Fokus Pada Penanganan Darurat di Sulteng | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Presiden Perintahkan Menko Polhukam-TNI Fokus Pada Penanganan Darurat di Sulteng

Sabtu, 29 September 2018 | 12.08 WIB
DHEAN.NEWS JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menko Polhukam Wiranto mengkoordinasi penanganan darurat gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Jokowi meminta penanganan darurat berfokus pada pencarian, evakuasi, dan pemenuhan kebutuhan dasar korban gempa.

"Saya telah perintahkan Menko Polhukam untuk mengkoordinasi BNPB. Saya juga sudah telepon tadi ke Panglima TNI untuk bersama-sama menangani terutama yang berkaitan dengan penanganan darurat, baik pencarian korban, evakuasi, maupun penyiapan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan," ujar Jokowi dalam konferensi pers di kediamannya di Solo, Jumat (28/9/2018).

Jokowi berharap pada Sabtu (29/9) besok pihaknya sudah menerima kondisi terkini dari lapangan. Sebab, hingga saat ini pemerintah belum menerima informasi lanjutan terkait dampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Kita harapkan besok kita akan mendapatkan laporan dan informasi yang lebih detail karena memang belum sampai ke sana para menteri, Kepala BNPB, tapi menuju ke sana dan akan ya kita tunggu sampai besok pagi kira-kira lapangannya seperti apa," katanya.
Saat ditanya rencana kunjungan ke Sulawesi Tengah, Jokowi mengaku hingga saat ini masih terus memantau informasi terbaru dari gempa di Sulawesi Tengah.

"Setiap jam saya selalu mengikuti peristiwa ini, yang terjadi, dari sini dan saya berharap, setelah mendapatkan penjelasan secara penuh, baru menentukan rencana," ujarnya.

Gempa jenis tektonik mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah, memicu gelombang tsunami yang menerjang Palu dan Donggala.

Komentar