Mantapkan DPT Pemilu 2019, KPU Luwu Gelar Rakor | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Mantapkan DPT Pemilu 2019, KPU Luwu Gelar Rakor

Senin, 10 September 2018 | 23.23 WIB

DHEAN.NEWS LUWU - Bertempat di Media Center KPU Kab. Luwu, dan dibuka langsung oleh ketua KPU Kab. Luwu,  Abd.Thayyib Wahid R,S.Hi yang dihadiri oleh Komisioner KPU Kab. Luwu Istantia, Suherman, Anggota Bawaslu Luwu Asriani Baharuddin. SH, Dukcapil kabupaten Luwu, Sufian. S, pimpinan dan sekretaris Partai Politik Peserta Pemilu 2019. Rapat koordinasi penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap digelar. (Senin,10/09/2018)

Dalam sambutannya​ Ketua KPU Luwu mengungkap bahwa rapat koordinasi Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap pasca penetapan tingkat nasional pemilu 2019 dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor 1033/PL.01.2- SD/01/KPU/IX/2018 tentang Penyempurnaan DPT dan menindaklanjuti hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT Nasional Pemilu 2019 pada tanggal 05 September 2018 di Jakarta.

" Masih ada dua wadah bagi masyarakat nantinya yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap yaitu akan dimasukkan ke dalam daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus " lanjutnya.

Ketua KPU juga menyatakan pencermatan dilakukan atas rekomendasi Bawaslu dan masukan dari Partai Politik pada saat rapat pleno tingkat nasional karena adanya kecurigaan Daftar Pemilih Tetap yang ganda sehingga Bawaslu merekomendasikan sebelum penetapan dilakukan pencermatan .

" Beberapa hari lalu kita sudah umumkan DPT dan kita harapkan masyarakat mencermati DPT apakah nama sudah masuk atau belum sehingga diharapkan ada masukan dari masyarakat sebelum penetapan nantinya " tegas Thayyib.

" Salah satu sumber data menjadi acuan pencermatan nantinya yaitu masukan dari bawaslu, data yang ditemukan bawaslu kemudian disinkronkan dengan KPU untuk selanjutnya kita sama sama cermati " lanjutnya.

Disambutan akhirnya ketua  KPU kabupaten Luwu menyatakan bahwa pada 12 September 2018 dilakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan.

Rakor ini menghasilkan kesepakatan untuk melakukan pencermatan hingga tanggal 12 September 2018 guna penyempurnaan DPT Pemilu 2019 sesuai surat edaran KPU RI.

Hingga sore hari giat rapat koordinasi berlangsung  dalam keadaan aman dan lancar. (muli)

Komentar