Menu Close Menu

Dandim 0104/ATIM Turut Sukseskan Apel Gelar Pasukan di Kota Langsa

Rabu, 19 September 2018 | 17.58 WIB

DHEAN.NEWS ACEH TIMUR - Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis turut sukseskan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Rencong Tahun 2018 yang digelar Polres Langsa dengan tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Rencong Tahun 2018, Tingkatkan Sinergitas Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Mewujudkan Keamanan Dalam Negeri Yang Kondusif" guna mensukseskan pelaksanaan pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Langsa, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Langsa, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Rabu (19-09-2018).

Dalam Amanatnya Kapolres Langsa Akbp Satya Yudha Prakasa, SIK membacakan Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia apel konsolidasi gelar pasukan yang di selenggarakan di seluruh kesatuan Polisi di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait lainnya. 

Demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi, serta di berikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan, yang dimulai dari tahap transisi Demokrasi, dengan melakukan pembelajaran terhadap setiap prinsip - prinsip Demokrasi melalui penguatan dan pematangan dasar-dasar dalam kehidupan berdemokrasi, tegasnya. 


Pada tahap pemantapan Demokrasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, di tandai dengan akuntabilitas pemerintah, tegaknya supermasi hukum, kuatnya partisipasi masyarakat dalam politik, kepatuhan masyarakat terhadap hukum, serta terselenggaranya pemilu yang aman dan Demokrasi. Berdasarkan UUD 1945, pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintah Negara. Pemilu merupakan sarana Demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dalam rangka membentuk sistem negara sesuai dengan keinginan rakyat.

Dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas selama berlansungnya pemilu 2019, polri menggelar operasi Mantap Brata Rencong Tahun 2018 yang di laksanakan selama 397 hari Teritung Mulai Tanggal (Tmt) 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019 dengan melibatkan 272.886 Personel di seluruh Indonesia, dengan mengedepankan kegiatan premeti dan preventif, yang di Dukung kegiatan inteljen, penegakan hukum, kuratif dan rehabilitasi, dalam rangka mengamankan setiap tahapan inti pemilu.

Sementara itu Dandim 0104/Atim, saat di konfirmasi Media Center Kodim 0104/Atim di ruang kerjanya mengatakan apel tersebut untuk mengecek dan melihat kesiapan personil di lapangan, konsijensi PAM TPS, Jajaran Kodim 0104/Atim juga akan menurunkan Personelnya dalam membantu tugas Polri, khususnya dilangsa hingga saat ini belum ada kasus yang menonjol, kita himbau kepada masyarakat jangan terpancing dengan keadaan di daerah lain," ujar Perwira Menengah itu.

Komentar