Perayaan HUT ke-73 ke Hari Kemerdekaan Indonesia di Melbourne | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Perayaan HUT ke-73 ke Hari Kemerdekaan Indonesia di Melbourne

Selasa, 21 Agustus 2018 | 17.28 WIB

DHEAN.NEWS MELBOURNE - Sekitar dua ratus peserta upacara memadati KJRI Melbourne pada Jumat (17/8) pagi untuk mengikuti upacara bendera Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73. Para peserta upacara yang hadir terdiri dari masyarakat Indonesia yang tinggal di Melbourne, mahasiswa Indonesia, siswa siswi sekolah Australia yang belajar Bahasa Indonesia, masyarakat setempat yang memiliki ketertarikan pada Indonesia dan tentara Australia yang belajar Bahasa Indonesia.

Tepat pada pukul 09.30 kegiatan upacara Peringatan HUT RI le-73  diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) KJRI Melbourne 2018 yang telah berlatih sejak 4 bulan sebelumnya. Pengibaran sang merah putih berlangsung lancar dan khidmat diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Rangkaian upacara bendera kemudian diikuti dengan pengumuman pemenang lomba 17-an, foto bersama anggota Paskibra dan Konsul Jenderal RI di Melbourne serta penyerahan tumpeng kepada 4 orang yang telah berkontribusi bagi komunitas Indonesia di Melbourne yakni: i) Bpk. Lucky Kalonta; ii) Ibu Sjahisti Abdurrachman; iii) Sdr. Henry Prihanto; iv) Sdri. Benazir Komarudin. Acara kemudian dilanjutkan dengan workshop oleh PPIA Unimelb bersama para siswa siswi pelajar Bahasa Indonesia.

Siang harinya, perayaan HUT RI ke-73 berlanjut di pusat kota Melbourne, tepatnya di Federation Square, diawali dengan demo baris berbaris dan pengibaran Merah Putih oleh Paskibra dan kemudian dilanjutkan dengan penampilan Sape Gitar oleh Sdr. Rayhan Sudrajat serta penampilan tarian tradisional oleh Lenggok Geni. Di akhir acara, sekitar 300 orang yang memadati Fed Square diajak untuk bersama-sama menari Gemu Fa Mi Re, tarian komunitas asal  Maumere – NTT.

Pengibaran bendera Merah Putih di Federation Square bukan hanya semata-mata perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-73 namun juga kontribusi kepada multikulturalisme di Victoria. (Sumber: KJRI Melbourne)

Komentar