Menu Close Menu

Kapal Warganya Kandas, Bhabinkamtibmas Desa Rajuni Pimpin Evakuasi Penyelamatan

Kamis, 24 November 2022 | 21.31 WIB




Selayardheannews- Sebuah Kapal rakyat  KLM. MURNI JAYA 05 mengalami kandas akibat tersangkut karang di Perairan Bungeng Tinabo, Dusun Rajuni Timur Desa Rajuni, Kec.Takabonerate, Kab.Kep. Selayar, pada Selasa (22/11) pagi.


Mendengar Laporan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Rajuni Polsek Takabonerate Polres Kepulauan Selayar, Aipda Ilham  langsung berkoordinasi dengan Aparat Desa dan Warga setempat untuk segera melakukan evaluasi.


Kapal tersebut diketahui berlayar dari pelabuhan Kalabahi, Kabupaten Alor, NTT menuju pelabuhan Paotere Makassar, Sulawesi Selatan, dengan memuat jambu mente. Namun sebelum melanjutkan pelayanan menuju Makassar, kapal tersebut rencananya akan terlebih dahulu singgah di pulau Rajuni, karena pemilik dan juragan kapal merupakan warga Pulau Rajuni. 


"Kapal tersebut dinakhodai oleh H. Kusman, dengan ABK berjumlah 5 orang. Rencananya mereka akan singgah terlebih dahulu di Pulau Rajuni, namun tiba-tiba kapal mengalami putus tali kemudi dan gangguan jaringan GPS, sehingga kapal kandas di Taka Tinabo", jelas Kapolsek Takabonerate Ipda Hasan. 


Setelah dilakukan evakuasi oleh Bhabinkamtibmas bersama Warga, Juragan beserta 5 orang ABK berhasil  dievakuasi oleh warga dalam keadaan selamat menuju daratan Pulau Rajuni. Begitupun dengan muatan kapalnya.


Diketahui, Kapal tersebut Kandas disebabkan karena kerusakan perangkat GPS yang ada di Kapal tersebut, sehingga melenceng daru rute yang biasa dilewati.


" Oleh karenanya kami menghimbau agar sebelum berlayar para ABK memastikan kelengkapan dan peralatan Kapal, khususnya masalah keselamatan Pelayaran" kata Aipda Ilham. (AS).

Komentar