Menu Close Menu

Selayar - Desa Pamatata dan Desa Bontolempangan sukses laksanakan Program Keserasian Sosial

Kamis, 31 Desember 2020 | 19.20 WIB

DHEAN NEWS SELAYAR - Desa Pamatata dan Desa Bontolempangan sukses laksanakan Program Forum Keserasian Sosial. Dua titik pelaksanaan Program Keserasian Sosial yang diperoleh Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Sosial Kepulauan Selayar tersebut  masing-masing diarahkan pada Pembangunan Sarana dan Prasarana Air Bersih untuk Desa Pamatata dan Pembangunan Sarana dan Prasarana Olahraga untuk Desa Bontolempangen. 

Kepala Dinas sosial, Patta Amir bersama Kabid Linjamsos, Ridwan, Kepala Seksi  Perlindungan  Korban Bencana Sosial Kepulauan Selayar Andi Sandra Esty didampingi Kepala Desa dan Babinsa-Babimkabtibmas serta komponen masyarakat setempat meninjau langsung pemanfaatan kedua program tersebut, Kamis (30/12) 
Kadis Sosial, dalam keterangannya menyampaikan bahwa program keserasian sosial ini merupakan program Kementerian Sosial RI dalam penangan masalah konflik sosial yang bersumber dari anggran APBN, yang bertujuan untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis dilandasi oleh nilai dasar kebersamaan dan semangat gotong royong. 

Untuk itu, ia berharap dengan adanya Forum Keserasian sosial Inspirasi Desa Pamatata dan Forum Keserasian Sosial Denglempangan Desa Bontolempangan, maka sesuai dengan tujuan awal yaitu menjadi salah satu potensi sumber daya di desa sebagai pelopor-pelopor perdamaian yang memiliki tugas dan tangungjawab membangun perdamaian di wilayahnya masing-masing. 

"Perlu diketahui bahwa tujuan akhir dari kegiatan Keserasian Sosial adalah terwujudnya ketahanan sosial di masyarakat dalam mengantisipasi potensi-potensi kerawanan sosial yang terjadi melalui peran Forum Keserasian Sosial," jelas Patta Amir

Sementara itu Kepala Desa Pamatata maupun Kades Bontolempangan mengaku sangat bersyukur dengan program yang diperoleh Desanya tersebut, mewakili warganya keduanya mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah dalam hal ini Kemensos RI, Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan serta Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Kades Pamatata, Latunru berharap melalui pembangunan sarana air bersih program keserasian sosial yang diperoleh desanya ini, warga dapat lebih meningkatkan rasa kepedulian dan gotong royong, serta mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan masalah sesuai dari tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dari program keserasian sosial. 

Hal yang sama juga disampaikan Jamaluddin Kades Bontolempangan, dengan terbangunnya sarana dan prasarana olahraga Lapangan Volly oleh Forum Keserasian Sosial Dellempangang didesa kami dapat menjadi sarana berkumpul warga agar semakin harmonis serta semakin menguatkan kebersamaan warga hingga menanggulangi hal-hal negatif Warga khususnya generasi muda dalam rangka meminimalisir potensi konflik. (IC) 

-

Komentar