Menu Close Menu

KPU Selayar Gelar Simulasi Nasional Pungut Hitung

Sabtu, 21 November 2020 | 17.40 WIB


Dheannews
- KPU Selayar Gelar Simulasi Nasional Pungut Hitung, Serta Pemanfaatan Sirekap pada Pilkada Serentak 2020 di Lapangan Pemuda benteng, Sabtu 21/11/2020.

Simulasi yang Serentak dilaksanakan di Seluruh Daerah yang menggelar Pilkada 20290 ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat serta jajaran penyelenggara pemilu sesuai tingkatannya. 

Kegiatan yang diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ini filaksanakan sejak pagi pukul 10.00 Wita sampai 16.30 Wita.


 Kegiatan simulasi ini terbagi dalam 2 sesi, yaitu sesi pertama mengenai teknis pelaksanaan pemungutan suara dan sesi kedua ada tatacara pengisian formulir C-Hasil serta pendokumentasian hasil pemilu melalui Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi).

Anggota KPU Kepulauan Selayar, Andi Dewantara disela-sela kegiatan itu menyampaikan pentingnya penerapan protocol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam Pilkada serentak 2020 ini.


 “Secara umum teknis pelaksanaan kegiatan pemungutan suara kali ini hamper sama dengan pilkada yang lalu, hanya saja dikarenakan kita masih dalam kondisi bencana Covid-19 sehingga pelaksanaan pemungutan suara perlu disesuaikan dengan protocol pencegahan Covid-19”, ungkap Andi Dewantara.

Lebih lanjut Andi Dewantara mengurai sejumlah penyesuaian yang disampaikan. Salah satunya bahwa pada formulir C-Pemberitahuan, masyarakat pemilih agar dapat menyesuaikan dengan waktu yang telah ditetapkan oleh KPPS terkait kedatangannya di TPS. Sesampai di TPS, pemilih juga perlu menjaga jarak antar pemilih saat mengantri di Depan TPS. 

"Di TPS juga akan dibagian sarung tangan plastik untuk seluruh pemilih yang hadir di TPS. Semua itu dimaksudkan agar TPS tetap aman terhadap penyebaran Covid-19. Jadi masyarakat silahkan datang ke TPS pada tanggal 9 Desember 2020 nanti sebab dari Simulasi yang kita laksanakan ini kita memberikan harapan bahwa dari seluruh prosedur yang kita terapkan maka TPS akan amakn dari Covid-19." tambahnya.

Dalam kegiatan Simulasi ini juga dilakukan Simulasi penggunaan Aplikasi Sirekap yang berfungsi sebagai alat bantu untuk mendokumentasikan hasil penghitunagn suara di TPS serta rekapitulasi secara eletronik dari seluruh TPS yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar. (As)

Komentar