Menu Close Menu

Soal Isu Megathurst, Presiden Jokowi Minta BNPB Pesiapkan Masyarakat Hadapi Evakuasi

Minggu, 04 Agustus 2019 | 20.26 WIB

DHEAN.NEWS BOGOR - Presiden Jokowi menjawab wartawan di sela-sela mengikuti Gathering Keluarga Kabinet Kerja “Solidaritas Tanpa Batas”, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019) pagi. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui adanya potensi terjadinya gempa besar berkekuatan 9,0 Skala Richter (SR) atau yang sering disebut sebagai megathrust di Selatan Jawa. 

Namun demikian, ia mengingatkan yang namanya genpa bumi itu tidak bisa dihitung dan diperkirakan terutama waktunya.

“Oleh sebab itu, saya sudah perintahkan kepada BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) kepada Menko untuk mempersiapkan masyarakat terutama proses-proses evakuasi. 

Sudah kita lakukan,” kata Presiden Jokowi di sela-sela menghadiri acara  Gathering Keluarga Kabinet Kerja 

“Solidaritas Tanpa Batas”, 

Di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019) pagi.

Sekarang, lanjut Kepala Negara, di sekolah, masyarakat mulai dilakukan edukasi. Ia menunjuk saat terjadi gempa berkekuatan 6,9 SR di Banten, Jumat (2/8/2019) malam, sudah ada sebuah lompatan yang baik, proses-proses evakuasi itu.

“Tapi bahwa kepanikan ada, itu iya. Namanya gempa pasti menyebabkan kepanikan, masyarakat panik,” ujar Kepala Negara seraya menambahkan, yang penting terus dilakukan edukasi mengenai kebencanaan terutama gempa bumi yang sulit diprediksi, sulit dihitung. 

Kedua, selalu dapat kita waspada.

Tidak Percaya Isu
Sebelumnya Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali menegaskan, bahwa gempa besar berkekatan Magnitute 9,0 Skala Richter (SR) atau yang disebut dengan Megathrust hingga saat ini belum dapat diprediksi oleh siapapun, kapan, di mana, dan berapa kekuatannya.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang menanggapi berkembangnya berita yang viral di media sosial bahwa akan terjadi gempa besar berkekuatan Magnitute 9,0 pasca terjadinya gempa Banten Magnitue 6,9 SR.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang namun waspada dan tidak percaya kepada isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam siaran persnya kemarin. 

Komentar