Menu Close Menu

Menteri ESDM Resmikan 16 Proyek Kelistrikan di NTB dan NTT

Jumat, 26 Juli 2019 | 11.44 WIB
DHEAN.NEWS SUMBAWA - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan hari Kamis (25/7/2019), meresmikan 16 proyek kelistrikan yang tersebar di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada peresmian ini Menteri ESDM didampingi Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana dan Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Djoko Raharjo Abumanan.

Proyek kelistrikan yang diresmikan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bima 50 MW, PLTMG Sumbawa 50 MW, PLTMG Maumere 40 MW di Provinsi NTB dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Sita-Borong 2x500 kW serta PLTS Maumere-Ropa-Ende 2x1 MWp di Provinsi NTT.

Di samping pembangkit listrik, diresmikan juga proyek-proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) serta Gardu Induk (GI) 70 kV & 150 kV di Provinsi NTB. Seluruh peresmian dipusatkan di lokasi PLTMG Sumbawa, Desa Labuan Badas, Kecamatan Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB.

"Mengenai rasio elektrifikasi sampai Juni di NTB kira-kira 97,9%, jadi begini, sampai Desember akan menjadi 99%. Jadi tolong dibantu supaya semua saudara-saudara kita bisa menikmati listrik. Masa sudah 74 tahun merdeka ada yang belum menikmati listrik," ungkap Jonan.

Sementara untuk pembangunan SUTT dan GI, Jonan mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur pendukung ini bertujuan agar layanan listrik lebih konsisten. 

Selain pembangunan infrastruktur kelistrikan, Jonan pun meminta partisipasi pemerintah daerah untuk meyukseskan penyambungan listrik kepada masyarakat. "Ada rumah saudara-Saudara kita yang belum mampu bayar biaya sambung listrik, itu bagaimana? Saya mengimbau Bapak Gubernur, Bapak Bupati untuk bisa bantu,” ucapnya. 

Menurutnya, ada 34 ribu rumah di NTB yang belum berlistrik, sedangkan untuk keseluruhuhan indonesia ada sekitar 500 ribu yang belum berlistrik. “Untuk NTB dari kementerian ESDM sumbang seribu, untuk NTT kita sumbang seribu juga. Saya juga meminta partisipasi dari APBD untuk sambung listrik gratis. Ini jadi tantangan sosial yang besar kalau dibiarkan saja," pungkas Jonan.

Sementara itu, Gubernur NTB berharap dengan diresmikannya infrastruktur kelistrikan di NTB, sistem kelistrikan yang ada di wilayahnya semakin baik.

“Mudah-mudahan dengan diresmikan proyek infrastruktur kelistrikan ini tidak ada lagi persoalan listrik di NTB dan di pulau sumbawa," jelas Zulkieflimansyah. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Komentar