Menu Close Menu

Pasca Banjir, Bupati Luwu Prioritaskan Perbaikan Kerusakan Fasilitas Umum

Selasa, 11 Juni 2019 | 08.01 WIB
DHEAN.NEWS LUWU - Senin (10/6/19) Bupati Luwu Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd dan Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak meninjau titik Bencana Alam Banjir di Desa Lempopacci, Desa Botta Kecamatan Suli dan Desa Buntu Barana Kecamatan Suli Barat setelah sebelumnya mengunjungi Lingkungan Cappie, Kelurahan Suli dan Desa Tanjong yang terendam air.

Kali ini, Selain memberikan bantuan logistik kepada masyarakat di lokasi tersebut, Basmin juga melakukan peninjauan fasilitas umum yang rusak akibat banjir. "Daerah-daerah yang kita kunjungi ini merupakan wilayah yang rawan dan sudah jadi langganan banjir tiap tahunnya sehingga saya menghimbau kepada masyarakat khususnya aparat desa maupun kecamatan agar (Siaga Desa). Siaga Desa ini dimaksudkan agar masyarakat tetap waspada mengingat cuaca belakangan ini tidak menentu dan bahkan cenderung ekstrem," terangnya.
Dari tinjauan Basmin, alhasil Bupati Luwu ini memerintahkan agar instansi terkait melakukan penanganan darurat terhadap fasilitas umum yang rusak akibat banjir. "Ada beberapa fasilitas umum yang rusak akibat bencana ini, saya sudah meminta dinas Pemadam Kebakaran untuk membantu membersihkan sekolah yang kotor karena lumpur, begitu pula penanganan terhadap jembatan gantung yang berada di Desa buntu barana agar papannya segera diganti, tepi sungai dibuatkan bronjong dan lakukan normalisasi sungai.  Dinas terkait harus buat proposal untuk dikirim ke pusat jika anggaran yang akan digunakan cukup besar," lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Bupati dan Wakil Bupati Luwu didampingi oleh Kepala BPBD, Rahman Mandaria, Kadis PUPR, Ridwan Tumbalolo, tim dari TRC BPBD Luwu dan PMI.(Dian)

Komentar