Menu Close Menu

Polsek Makassar Bekuk Pemuda Pelaku Pencurian di Warkop di Jalan Monginsidi

Rabu, 29 Mei 2019 | 14.44 WIB
DHEAN.NEWS MAKASSAR - – Tim Opsnal Polsek Makassar dipimpin Kanit Reskrim IPTU Harianto berhasil mengamankan pelaku pencurian HP di salah satu warkop di Jalan Monginsidi Makassar, Rabu (29/05/19). Pelaku berinisial IL (32) warga Jalan Salahutu.

Berawal tim Opsnal Polsek Makassar melakukan Penyelidikan dan mendapat informasi keberadaan pelaku sementara berada dirumahnya di Jalan Salahutu Makassar sehingga tim langsung menuju tempat yang dimaksud dan mengamankan pelaku.

“Pelaku melakukan aksinya dengan cara mengambil HP korban yang diletakkan diatas meja warkop sambil dicas saat korban keluar, namun setelah kembali kedalam HP korban sudah tidak ada,” ungkap AKP Alex Daredaa.

Kini pelaku bersama barang bukti diamankan di Mapolsek Makassar guna menjalani proses hukum lebih lanjut.

Penyebab terjadinya kriminalitas – pencurian dan perampokan dari aspek sosial – psikologi adalah faktor endogen dan eksogen. Faktor endogen adalah dorongan yang terjadi dari dirinya sendiri. Seperti setiap individu dalam masyarakat mempertahankan kebenaran relatif, merasa pendapatnyalah yang paling benar dalam berinteraksi sosial.

Kebenaran relatif itu relatif bisa menciptakan suatu sikap untuk mempertahankan pendapatnya – diri – atau egosentris dan fanatis yang berlebihan. Jika seorang tidak bijaksana dalam menanggapi masalah yang barang kali menyudutkan dirinya, maka kriminalitas itu bisa saja terjadi sebagai pelampiasan untuk menunjukan bahwa dialah yang benar.

Sementara faktor eksogen adalah faktor yang tecipta dari luar dirinya, faktor inilah yang bisa dikatakan cukup kompleks dan bervariasi. Kesenjangan sosial, kesenjangan ekonomi, ketidakadilan dan sebagainya, merupakan contoh penyebab terjadinya tindak kriminal yang berasal dari luar dirinya.

Pengaruh sosial dari luar dirinya itu misalnya, ajakan teman, tekanan atau ancaman dari pihak lain, minum-minuman keras dan obat-obatan terlarang yang membuat ia tidak sadar. Pengaruh ekonomi misalnya karena keadaan yang serba kekurangan dalam kebutuhan hidup, seperti halnya kemiskinan akan memaksa seseorang untuk berbuat jahat

Komentar