Hadiri HUT Gaukang ke-258, Ini Isi Sambutan Bupati Takalar | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Hadiri HUT Gaukang ke-258, Ini Isi Sambutan Bupati Takalar

Jumat, 05 April 2019 | 00.20 WIB
DHEAN.NEWS TAKALAR - Bupati Takalar H. Syamsari,S.Pt.MM hadiri HUT Gaukang ke 258 Karaeng Galesong Tahun 2019 di pelataran balla Lompoa ri Galesong Kecamatan Galesong. Kamis (4/4/2019).

HUT Gaukang ke 258 Karaeng Galesong kali ini mengusung tema "Merajut Tali persaudaraan dan mengukuhkan kebersamaan dalam bingkai persatuan". 

Berbagai ritual telah dilaksanakan dalam HUT Gaukang Galesong seperti Appalili yaitu mengelilingi kampung yang dimulai dari kompleks rumah adat menuju ke Bungung Barania. Arak-arakan ini diiringi oleh rapak gendang khas Makassar serta tari Pa’rappunganta yang menunjukkan empat simbol daerah seperti Makassar, Bugis, Tana Toraja dan Mandar. Hal yang unik dalam ritual Appalili dan juga dilakukan Pelepasan balon oleh pemangku adat karaeng galesong.

"kita harus menjaga warisan sejarah, warisan budaya karena kita mewarisi karakter yang mulia sebab ciri orang berbudaya memiliki karakter tersebut. Pada moment ini, saya juga akan mengusulkan jalan raya poros galesong sebagai jalan Imannindori Kr. Tojeng untuk mengenang sosok yang menjadi pimpinan yang telah memperjuangkan indonesia dari penjajah."  Jelas Bupati Takalar H. Syamsari,S.Pt.MM dalam sambutannya

H. Syamsari juga mengajak kepada seluruh aparat dan masyarakat Takalar agar dapat bergandengan tangan untuk bersama-sama mengejar hal-hal yang tertinggal di daerah Takalar sehingga Kab. Takalar dapat sejajar dengan Kabupaten maju lainnya. Dengan demikian, dapat memompa semangat  untuk menjadi pelayan rakyat yang baik sehingga masyarakat merasa terlayani. 

"Pada kesempatan ini, tak lupa saya mengingatkan bahwa perhelatan politik akan segera digelar untuk itu kita harus bekerjasama dengan baik untuk mensukseskan pesta demokrasi dan menjaga situasi sehingga tetap kondusif dan aman sehingga melahirkan pemimpin yang amanah dan akan mensejahterakan masyarakat". Tutup H. Syamsari dalam sambutannya. 

Sementara itu,  Ketua Lembaga Adat Karaeng Galesong H. Muh. Roem, SH. M.Si Kr. Mattawang pada kesempatan tersebut menyampaikan harapan agar kedepan tradisi ini tetap di jaga dan juga tetap menjaga kehormatan, solidaritas sebagai lembaga adat Kr. Galesong dan juga memperkokoh hubungan silaturahim. 

Dalam rangkaian acara Gaukang dibacakan Riwayat Asal Mula Gaukang  Karaeng Galesong yang dibacakan oleh Pemangku Adat Karaeng Galesong H. Mallarangang Abdullah Kr. Gassing serta pemberian gelar kehormatan oleh Kr. Galesong kepada Brigadir. Jendral Polisi Drs. Adnas, M.Si dengan gelar bangsawan Karaeng Malewa, juga ditampilkan tari Songko Guru dan Tari Pakarena Kreasi yang di bawakan oleh Sanggar Seni Adat Kukarrannuang dan tari Tubarani dari sanggar Gembok.

Peringatan HUT Gaukang Kr. Galesong juga dihadiri Wakil Ketua T.P PKK Takalar Hj. Megawati Achmad,SE.,MM, para Pemangku Adat Kr. Galesong beserta Permaisuri, Ketua Lembaga Adat Kr. Galesong, Anggota DPRD Prov. Sulsel, Anggota DPRD Kab. Takalar, para Raja-raja se-Sulsel beserta permaisuri, Anggota Forkopimda Kab. Takalar, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Takalar, para Camat, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Diakhir acara dilakukan prosesi penyembelian hewan berupa sapi yang disaksikan oleh Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt.MM bersama rombongan.

Komentar