Menko Puan : 'Buku Adalah Jendela Dunia' Distribusi Buku Harus Sampai ke Pelosok Desa | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Menko Puan : 'Buku Adalah Jendela Dunia' Distribusi Buku Harus Sampai ke Pelosok Desa

Sabtu, 02 Maret 2019 | 13.09 WIB
DHEAN.NEWS SERPONG - Distribusi buku harus sampai hingga pelosok desa di seluruh Indonesia. Dengan buku yang merupakan jendela dunia, anak-anak desa dapat mengetahui nusantara yang luas. Demikian dikatakan Menko PMK Puan Maharani saat membuka pameran buku Big Bad Wolf 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Dalam kesempatan itu, Menko Puan menceritakan pengalamannya mangunjungi Kabupaten Landak di Kalimantan Barat dimana secara geografis wilayahnya didominasi oleh daratan luas. "Jadi saat saya kesana, Danlatamal setempat memberitahukan bahwa banyak anak-anak setempat tak banyak mengetahui bahwa Indonesia memiliki angkatan laut yang menjaga wilayah NKRI," Menko Puan menceritakan.

Dikatakan lebih lanjut, banyak anak-anak Landak percaya bahwa NKRI hanya dijaga oleh Angkatan Darat saja. "Jangankan melihat kapal angkatan laut, melihat laut saja mereka mayoritas belum pernah," imbuhnya. Karenanya pada saat itu juga angkatan laut langsung menggelar fashion show bertemakan angkatan laut.

Lebih jauh, Menko Puan mengingatkan agar distribusi buku sampai ke pelosok desa Nusantara. "Dengan buku, tentu anak-anak dapat menambah ilmu pengetahuan," cetusnya. Jadi, lanjutnya, tak hanya dana desa saja dengan infrastruktur nya yang sampai ke desa-desa.

Sebagai Menko yang juga mengurusi bidang kebencanaan, Menko Puan juga mengajak pelaku industri buku dan dermawan mendistribusikan buku saat pasca bencana sebagai bagian dari trauma healing. "Buku-buku itu dapat didistribusikan kepada pos-pos bencana. Di lokasi bencana dapat digelar story telling kepada anak-anak korban bencana seperti yang dilakukan oleh Kemdikbud," sebutnya.

Terkait pameran buku Big Bad Wolf 2019, Menko Puan mengapresiasi penyelenggaraan pameran buku berkualitas dengan harga murah dan diskon yang besar sejak tahun 2016 ini. Apalagi Big Bad Wolf yang berlangsung di Indonesia ini adalah yang terbesar di dunia.

Hadir dalam pembukaan Big Bad Wolf 2019, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Penasehat Big Bad Wolf Books Indonesia, Rachmat Gobel, Presiden Direktur PT. Jaya Ritel Indonesia – Big Bad Wolf Books Indonesia, Uli Silalahi serta Direktur Utama Metro TV, Suryopratomo.

Komentar