Kemkominfo Luncurkan Majalah KominfoNext | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Kemkominfo Luncurkan Majalah KominfoNext

Sabtu, 02 Februari 2019 | 22.16 WIB
DHEAN.NEWS JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan majalah KominfoNext. Majalah itu ditargetkan menjadi referensi mengenai kebijakan sektor komunikasi dan informatika. 

"Majalah ini bisa menjadi referensi utama dan terpercaya mengenai sektor komunikasi dan informatika," jelas Plt. Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, dalam rangkaian kegiatan KominfoNext di Hall A Basket GBK, Jakarta, Kamis (31/01/2019).

Majalah yang terbit bulanan itu terdiri dari 52 halaman dengan 12 rubrik berbeda. Mulai dari Sambutan Menteri Kominfo Rudiantara hingga Rubrik Siberkreasi. Konten majalah dibuat oleh Tim Biro Humas, Tenaga Ahli Menteri, dan kontributor dari Sivitas Kementerian Kominfo.
“Mengapa KominfoNext? Kominfo Next Kami angkat dari nama kegiatan yang digelar pada 31 Januari 2019. Kominfo Next adalah wujud dari pola pikir yang melampaui era saat ini, menatap masa depan, dan melihat “What’s Next?”,” jelas Plt. Kepala Biro Humas Ferdinandus Setu dalam rubrik Surat MMB 9 yang menjelaskan asal istilah dari KominfoNext.

Dalam edisi pertama, majalah KominfoNext mengambil tema “Jungkir Balik Lawan Hoaks”.  Isinya memperkenalkan sosok ikonik Miss Lambe Hoaks. Selain itu ada kisah kerja Tim AIS Kementerian Kominfo dalam memerangi hoaks dan konten negatif di dunia maya.

“Melalui edisi ini, kami menampilkan bagaimana perjuangan Tim AIS Subdit Pengendalian Konten Internet Ditjen Aplikasi Informatika bekerja optimal mencari, mengidentifikasi, dan verifikasi atas setiap informasi yang beredar di media online dan media sosial,” ungkap Plt. Kepala Biro Humas. 

Kotak Majalah untuk Menkominfo

Peluncuran Majalah dikemas dalam sajian dua program baru Kementerian Kominfo, yaitu Tok Tok Kominfo dan Lambe Hoaks.  Diawali dengan pemandu acara Tok Tok Kominfo, Youtuber @inimasabi.

Pada kesempatan ajang pertemuan tahunan seluruh sivitas Kementerian Kominfo, Biro Hubungan Masyarakat turut memperkenalkan tiga program terbarunya yaitu Tok Tok Kominfo, Miss Lambe Hoaks dan Majalah Kominfo Next. Dipandu langsung oleh Inimasabi, presenter sekaligus Youtuber dalam program mingguan Tok Tok Kominfo, 

memanggil Miss Lambe Hoaks. Sontak sorai tepuk tangan menyambut kehadiran Miss Lambe Hoaks di panggung. “Hai Hai Hai.. akhirnya nih ya ketemu juga sama Miss Lambe Hoaks,” sambut Miss Lambe Hoaks yang juga sekaligus menyapa Menteri Kominfo Rudiantara beserta jajarannya. 

@inimasabi memanggil Miss Lambe Hoaks untuk memperlihatkan proses produksi setiap episodenya secara langsung dihadapan 2.500 sivitas Kementerian Kominfo. Dengan gaya ceriwisnya yang khasnya, Miss Lambe Hoaks mulai membaca skrip yang telah dipersiapkan oleh tim produksi dan membaca dua buah kabar hoaks. “Miss Lambe Hoaks kesini mau ngasih tau nih gimana sih produksinya Miss tiap minggunya? Yuk liat,” ujar Miss Lambe Hoaks sambil membacakan dua kabar hoaks yang sudah ditayangkan Kamis (31/01/2019) sore kemarin.

Kemudian @inimasabi mempersembahkan kotak untuk dibuka bersama Menteri Kominfo Rudiantara dan Miss Lambe Hoaks. “Nah ini ada lagi satu hal yang berharga bagi seluruh sivitas Kominfo. Di dalam kotak ini nih barang berharganya, Miss gimana kalau kita samperin Chief Rudiantara nih,” kata Inimasabi sambil menjemput Menkominfo Rudiantara untuk membuka kotak tersebut bersama Miss Lambe Hoaks 

Dengan hitungan mundur, Menteri Rudiantara bersama Miss Lambe Hoaks membuka perlahan sebuah kotak yang di dalamnya terdapat majalah perdana Kominfo Next. Majalah bulanan ini dikemas dengan sampul utama Miss Lambe Hoaks dan dipersembahkan langsung oleh tim dari Biro Humas Kementerian Kominfo.

“Dalam majalah ini, ada Kominfo Pedia, ada banyak hal lain yang berkaitan sama seluruh programnya Kementerian Kominfo juga nih,” tambah Inimasabi memperkenalkan dan menunjukkan majalah Kominfo Next. 

Miss Lambe Hoaks juga mepromosikan akun instagram @misslambehoaks yang sudah diverifikasi atau telah memiliki lambang centang biru. Program Lambe Hoaks merupakan kolaborasi Biro Humas dengan Tim Aduan Konten Aptika dan GPR TV Ditjen IKP Kementerian Kominfo. Dikemas dengan konsep yang segar dan menarik, Lambe Hoaks diharapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi utama bagi masyarakat dalam mengenali dan mengkonfirmasi isu hoaks yang tak hentinya beredar di dunia maya dan media sosial.

Komentar