Hadiri HUT Sinjai ke-455, Wabup Luwu SBJ Kagumi Pesona Adat " Angngaru' | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Hadiri HUT Sinjai ke-455, Wabup Luwu SBJ Kagumi Pesona Adat " Angngaru'

Kamis, 28 Februari 2019 | 10.51 WIB
DHEAN.NEWS - LUWU -Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak yang hangat disapa SBJ oleh masyarakatnya, turut andil dalam memeriahkan puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Sinjai ke-455 di Halaman Rujab Bupati Sinjai, Jl. Persatuan Raya, Sinjai Utara, pada Rabu (27/02/19) Siang.

Berlangsung sakral dan khidmat, SBJ bersama Ketua DPRD Kabupaten Luwu Andi Muharrir duduk di samping Wakil Walikota Palopo Rahmat Masri Bandaso, dalam acara yang dikemas dengan Nuansa Kental Adat dan Budaya Kebangsawanan Bugis ini.

SBJ mengaku sangat kagum dengan berbagai pertunjukan Budaya Lokal yang disajikan oleh Panitia HUT Sinjai, seperti "Angngaru'," Penabuhan Gendang, serta Tari-tarian Penyambutan Khas Bugis.

Untuk diketahui, Angngaru' pada catatan sejarah, sejatinya merupakan ikrar kesetiaan rakyat atau prajurit kepada Raja yang disenangi rakyatnya. Hakikatnya Lebih sering digunakan sebagai sumpah prajurit Bugis sebelum turun ke medan peperang. Kini biasa ditampilkan pada acara-acara istimewa kedaerahan Bugis / Makassar untuk melestarikan warisan nenek moyang.

Di akhir acara, atas nama Luwu SBJ tak lupa mengungkapkan kepada khalayak ramai dan para Insan Media, ucapan selamat seraya berdoa, "Sebelumnya saya mewakili masyarakat Luwu mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Sinjai ke-455, semoga semakin unggul dan berdaya saing, terima kasih atas suguhan pertunjukan budaya yang sangat luar biasa, sudah jarang yang seperti ini ditemui kalau bukan di acara-acara seperti ini," kata Wabup Luwu yang menjabat di periode keduanya ini.

Sejumlah pejabat Utama beserta Tokoh Propinsi Sulsel hadir dalam acara ini, di antaranya Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Sulawesi Selatan (Mantan Bupati Sinjai) H. Moh. Roem, Nurdin Halid beserta Istrinya Andi Nurbani, Para Bupati se-Sulsel, Forkompinda Sinjai, dan Para Undangan lainnya.

Hari ini juga, rencananya SBJ bakal langsung bertolak kembali ke Belopa bersama Ketua DPRD dan Rombongan Protokoler Pemkab Luwu lainnya.(Dian)

Komentar