Pemprov PB Laksanakan Aksi Bersih Kota Untuk Peringati Hari Habitat Sedunia | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Pemprov PB Laksanakan Aksi Bersih Kota Untuk Peringati Hari Habitat Sedunia

Kamis, 27 September 2018 | 21.16 WIB
DHEAN.NEWS MANOKWARI - Peringatan Hari Habitat Sedunia yang jatuh pada Tanggal 3 Oktober 2018 akan diwarnai kegiatan Gerakan Indonesia Bersih.

Hal tersebut berdasarkan Surat edaran Sekretaris Jenderal Kementeraian PUPR No 05/SE/SJ/2018, Tentang penyelenggaraan gerakan Indonesia bersih pada peringatan hari Habitat Dunia tahun 2018 dan Surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. SE.1/MenLHK/PSLB3/PLB.0/1/2018, Tentang kerja bersama untuk peningkatan penanganan sampah dalam rangka hari peduli sampah 2018.

Pemerintah Provinsi Papua Barat akan mendukung Program Pemerintah Pusat dalam pengelolaan sampah yang sinergis dan berkelanjutan dengan melaksanakan Aksi Bersih Kota “Corective Action” sejak tanggal 28 September hingga 3 Oktober 2018 diseluruh wilayah Provinsi Papua Barat.

Kepala Bidang Pengelolaan sampah, limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup dan dan Pertanahan Provinsi Papua Barat, Yolanda Nahumuruy, menyampaikan bahwa rapat koordinasi yang dilakukan saat ini dalam rangka mensukseskan program pemerintah dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai sejak tanggal 28 September sampai 3 oktober 2018.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan oleh semua pihak diwilayah Provinsi Papua Barat baik Pemerintah, Dunia usaha dan Masyarakat.

Adapun rapat koordinasi yang dilaksanakan bertempat di ruang rapat Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat, Kamis (26/9), disepakati bahwa akan dilakukan kerja bakti bersama pada hari Jumat 28 September berlokasi di Pasar Wosi, Tanggal 29 September berlokasi di Pantai Pasir Putih pada Pukul 09.00 WIT dan tanggal 1-3 Oktober, dipusatkan pada lokasi masing-masing baik di kantor pemerintah/swasta /lembaga/instansi, perusahaan, sekolah, tempat ibadah hingga RT/ RW.

” Semua pihak harus bergerak sama dan diharapkan mengambil bagian dan berpartisipasi aktif menuju Indonesia bersih tahun 2025,” kata Yolanda.

Dirinya mengaku akan berkoordinasi dengan pimpinan daerah di Kabupaten/ Kota dan mengharapkan kegiatan ini dapat didukung dan berjalan sesuai dengan program pemerintah, dukungan pimpinan pemerintahan, perusahaan, lembaga dan instansi, komunitas dan masyarakat dapat terlibat aktif.

Pembina Unit Kegiatan mahasiswa (UKM) Pramuka Unipa Manokwari, Yohanes Ada Lebang mewakili peserta menyampaikan apresiasi yang dilakukan untuk membangun Jejaring sosial (Social Network) yang baik ini agar terus ditingkatkan dan disikapi baik dengan kerjasama setiap saat.

Lebang berharap dalam aksi yang akan dilakukan, agar dapat melakukan pemilahan terhadap material/limbah plastik untuk diangkut langsung oleh Bank sampah UKM Pramuka Unipa.

“Semoga dengan memperingati hari habitat sedunia yang jatuh pada tanggal 3 oktober 2018, kita semua semakin sadar tentang pentingnya lingkungan hidup untuk keberlanjutan habitat yang mendiaminya dimasa mendatang serta pengelolaan sampah yang bertanggungjawab dari rumah masing masing” kata Lebang.

Komentar