Menu Close Menu

Sail Tidore 2022 Segera Digelar, Kementerian Dalam Negeri Dorong Daerah Optimalkan Persiapan

Jumat, 30 September 2022 | 22.14 WIB

DHEAN.NEWS TIDORE,  – Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi mengunjungi lokasi pelaksanaan Sail Tidore 2022 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara pada hari Jumat, 30 September 2022. 

Dalam kunjungannya, Teguh bertandang ke Kantor Sekda Kota Tidore Kepulauan untuk berkoordinasi terkait persiapan pelaksanaan Sail Tidore dengan perangkat daerah terkait.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan yang telah melakukan berbagai upaya persiapan rangkaian acara Sail Tidore 2022. Kami bisa pastikan bahwa Sail Tidore 2022 akan tetap dilaksanakan dan tidak akan ada lagi pengunduran jadwal, sebagaimana disampaikan oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi pada rapat tingkat Menteri tanggal 27 September lalu” tegas Teguh.

Diharapkan Daerah dapat mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk mendukung suksesnya acara Sail Tidore 2022 ini, mengingat waktu persiapan yang hanya kurang dari 2 bulan ini. Beberapa kendala termasuk perubahan jadwal pada acara puncak perlu menjadi perhatian. 

“Untuk itu, beberapa kegiatan yang dianggap masih minim persiapan dapat ditiadakan untuk memaksimalkan potensi yang ada” ungkap Teguh.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh jajaran perangkat daerah di Provinsi Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan ini disampaikan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan oleh daerah baik dari sisi infrastruktur maupun teknis dan jadwal kegiatan. 

Beberapa yang perlu menjadi highlight yaitu bahwa Daerah juga telah menyiapkan Event Organizer (EO) lokal yang akan membantu Daerah dalam penyelenggaraan Sail Tidore ini, yang ke depannya tentu harus selalu berkoordinasi dengan EO nasional. 

Penyelenggaraan Puncak Acara Bulan Kebudayaan Batak dan Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba, Siap Dilaksanakan
Selain itu, Daerah juga menyiapkan 100 stand pameran lokal untuk mengakomodir UMKM provinsi maupun kabupaten/kota.

Teguh menyampaikan bahwa masih terdapat beberapa kegiatan dalam acara puncak yang memerlukan koordinasi intens antara Pemerintah Pusat dan Daerah, seperti mekanisme dan teknis pengamanan kunjungan Presiden, EO untuk acara puncak, kebutuhan transportasi dan akomodasi tamu/peserta, serta forum investasi.

Termasuk usulan penyusunan MoU atau kesepakatan antara Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan terkait pencanangan pembangunan jembatan dan bandara.

Kunjungan dilanjutkan dengan tinjau lokasi Pantai Tugulufa pasca kunjungan lapangan yang telah dilaksanakan oleh Tim Ditjen Bina Pembangunan Daerah pada Bulan Agustus 2022 lalu untuk mengecek progres persiapan venue acara puncak Sail Tidore 2022.

Komentar