Menu Close Menu

Resmikan Gedung PSC 119, Pemkab Takalar Upayakan Pelayanan Maksimal

Senin, 28 Desember 2020 | 16.06 WIB


DHEAN.NEWS TAKALAR - Untuk lebih meningkatkan pelayanan keselamatan, pemerintah Kabupaten Takalar melalui Dinas Kesehatan resmikan Gedung Public Safety Center (PSC) 119 pusat pelayanan Kesehatan Terpadu Kabupaten Takalar yang diresmikan langsung oleh Bupati Takalar H. Syamsari,S.Pt.MM ditandai dengan Penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di pintu utama Gedung PSC 119 dan pemotongan nasi tumpeng yang berlokasi di Jl. Kemakmuran Kecamatan Pattallassang. Senin (28/12/2020) pagi.


"Kita sama-sama bersyukur dengan Supporting dari pemerintah pusat dan provinsi kita sudah saksikan bersama untuk pencapaian IPM yang terdiri dari pendidikan, kesehatan dan ekonomi yang artinya sehat secara terdidik, sehat badan dan sehat perekonomiannya."kata H. Syamsari di awal sambutannya. 


Lanjut dikemukakan bahwa dengan salah satu amanah RPJMD yakni peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, dengan fasilitas yang ada semoga pemerintah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


"PSC dan perbaikan manajemen di puskesmas itu mendorong untuk pelaksanaan amanah dari RPJMD untuk melakukan home care yang dibantu oleh kader kesehatan yang juga bersedia untuk melayani masyarakat hingga ke rumah. Seluruh yang dilakukan ini dalam rangka implementasi RPJMD."tuturnya. 


Dijelaskan lagi bahwa Pusat pelayanan kesehatan lebih terstandar menurut peraturan menteri kesehatan yang dulunya belum tertata bangunannya, kini kita sudah tata dengan baik menurut permenkes termasuk ide pendirian PSC karena di dalam RPJMD dan program strategis itu diamanahkan untuk melakukan home care, perawatan dan jemput ke rumahnya.


"Kita telah menata puskesmas yang ada di Takalar, menambah PSC, kader kesehatan serta berupaya untuk menyesuaikan dengan apa yang dicita-citakan kementerian kesehatan  yakni arah puskesmas lebih menanamkan pola hidup sehat, sementara yang sifatnya mengobati itu ke rumah sakit."tambahnya lagi.


Semoga dengan adanya gedung PSC 119 Takalar ini, pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih ditingkatkan dan lebih maksimal lagi. 


Sementara itu, Ketua PSC 119 Takalar Abd. Marhadi, SKM.,M.Kes melaporkan bahwa kehadiran gedung PSC 119 ini merupakan salah satu perhatian pemerintah dalam kegawatdaruratan. 


Banyak masalah yang mendasar terkait masalah kegawatdaruratan medis serta kegiatan  lainnya yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan yang PSC 119 sudah kolaborasikan dengan lintas terkait. Psc 119 juga ditunjuk sebagai posko satgas covid 19 sehingga psc ini melakukan tugas semaksimal mungkin sehingga cukup menekan angka angka kegawatdaruratan. 


"Ini mungkin kado akhir tahun kami dari pemerintah memberikan markas yang sangat bagus, dan juga memberikan 2 unit mobil ambulance yang kami perbantukan di satgas covid untuk evakuasi penjemputan pasien covid."kata ketua PSC 119 Kab. Takalar.


Dalam rangkaian acara juga dilakukan Penyerahan  buku cegah covid 19 dan masker untuk masyarakat  yang diterima oleh masing-masing Camat se Kabupaten Takalar yang selanjutnya akan dibagikan ke warganya masing-masing.


Turut hadir Wakil Bupati Takalar H. Achmad Dg. Se're,S.Sos, Para Anggota Forkopimda, para Pimpinan OPD, sekretaris Dinas Kesehatan bersama staf, Kabag. Humas dan Protokol Setda, Dirut RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle, para Kepala Puskesmas serta seluruh anggota PSC 119 Kab. Takalar.

Komentar