Menu Close Menu

Miliki Peran Strategis, Presiden Minta Percepat Proyek Nasional Patimban

Selasa, 22 September 2020 | 14.33 WIB


DHEAN.NEWS BOGOR - Presiden saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Percepatan Proyek Nasional Patimban secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (22/9).


Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap adanya percepatan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, karena memiliki peran yang penting dan strategis dalam pertumbuhan serta perdagangan di wilayah Provinsi Jawa Barat.


”Dikembangkan saling mengisi dengan Tanjung Priok, komplementer bukan kompetitor,” tutur Presiden saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Percepatan Proyek Nasional Patimban secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (22/9).


Lebih lanjut, Presiden berharap jika pelabuhan Patimban selesai terbangun segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi, yaitu pelabuhan Patimban, kemudian airport Kertajati, dan juga kawasan Bekasi, Karawang serta Purwakarta sebagai sebuah kawasan industri saling terkoneksi, saling mendukung satu sama lain.


”Sehingga memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor dan lebih khusus lagi di bidang otomotif. Karena itu saya sudah beberapa kali menyampaikan pada saat ke lapangan agar dilakukan percepatan penyelesaian pembangunan pelabuhan Patimban ini,” kata Presiden.


Pada kesempatan itu, Presiden mengakui telah beberapa kali menyampaikan bahwa pantai utara Jawa yang sudah tersambungkan dengan jalan Tol harus menjadi super koridor ekonomi.


”Karena fasilitas-fasilitas infrastruktur sudah relatif lebih siap, sehingga setiap kawasan industri, kawasan pariwisata, sentra-sentra pertanian harus tersambungkan dengan jalan tol ini.

Komentar