Menu Close Menu

Kemenparekraf Revitalisasi Destinasi Bali untuk Bangkitkan Kembali Sektor Pariwisata

Selasa, 29 September 2020 | 13.19 WIB


 


DHEAN.NEWS JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berupaya melengkapi dan menyempurnakan fasilitas destinasi wisata di Bali demi membangkitkan kembali sektor pariwisatanya melalui program Revitalisasi Destinasi Wisata Bali. 




Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kemenparekraf/Baparekraf, Hari Santosa Sungkari, Kamis (24/9/2020), mengatakan revitalisasi destinasi wisata Bali akan difokuskan pada perbaikan amenitas di daya tarik wisata (DTW) berupa perbaikan toilet dan penambahan fasilitas lain untuk menunjang kebersihan, kesehatan, keamanan, serta kenyamanan pengunjung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 


"Program revitalisasi destinasi wisata Bali merupakan inisiasi dari Kemenparekaf untuk membangun kembali pariwisata di Bali. Kami akan menerapkan bertahap di beberapa DTW yang tersebar di 8 kabupaten dan 1 kota se-Bali. Tentu dukungan revitalisasi destinasi wisata Bali akan kami sesuaikan dengan prioritas dan kebutuhan di masing-masing DTW yang memang sudah menjadi tujuan wisata dan banyak pengunjungnya. Rencana akan kami mulai dari Tanah Lot Kabupaten Tabanan dan Tirtha Empul Kabupaten Gianyar," ujar Hari 


Program Revitalisasi Destinasi Wisata Bali akan diadakan pada Oktober 2020 bersamaan dengan program reaktivasi industri pariwisata dan ekonomi kreatif. 




“Program reaktivasi industri pariwisata dan ekonomi kreatif adalah upaya pemulihan ekonomi nasional untuk membantu industri perhotelan di masa pandemi COVID-19, yaitu dengan menyiapkan akomodasi untuk tenaga kesehatan dan pasien konfirmasi tanpa gejala. Khusus Bali, telah disiapkan 680 kamar hotel dan sedang dalam proses penetapan MoU dan petunjuk teknis pelaksanaan,” kata Hari


Hari melanjutkan, program Revitalisasi Destinasi Wisata Bali juga akan dimulai bersamaan dengan peresmian revitalisasi toilet Pantai Kuta. Revitalisasi toilet Pantai Kuta merupakan salah satu prototype kegiatan Bali Rebound yang telah dilaksanakan sejak Juni-Agustus 2020. Kegiatan Bali Rebound dilaksanakan dalam bentuk bersih destinasi dan dukungan CHSE di 4 lokasi di Kabupaten Badung yakni Kawasan ITDC Nusa Dua, Pantai Pandawa, Pantai Kuta, dan Uluwatu dengan melibatkan pekerja Parekraf sebanyak kurang lebih 500 orang.


"Peresmian revitalisasi toilet sekaligus menjadi penanda dimulainya kegiatan Revitalisasi Destinasi Wisata Bali yang akan dilakukan di 8 Kabupaten dan 1 kota di Bali," ujar Hari. 




Sementara itu, Direktur Pengembangan Destinasi Regional II, Wawan Gunawan, mengatakan program Bali Rebound adalah role model yang diterapkan di program Revitalisasi Destinasi Wisata Bali. 


"Revitalisasi Destinasi Wisata Bali akan difokuskan kepada perbaikan toilet yang ada di DTW serta penambahan beberapa fasilitas CHSE lainnya namun tetap dengan inovasi agar penyempurnaan fasilitas di destinasi dapat dirasakan oleh wisatawan," ujar Wawan.

Komentar