Menu Close Menu

HOAX, Pesan berantai "Anak berkeliaran akan diangkut dan dikarantina"

Selasa, 22 September 2020 | 13.03 WIB

DHEAN NEWS SELAYAR - Beredar pesan berantai yang berisi pemberitauan kepada orang tua untuk melarang putra putrinya keluar rumah, berkerumun ditempat-tempat keramaian karena akan dilakukan razia keliling bagi yang terjaring akan dikarantina. 

Parahnya pesan singkat yang ramai beredar tersebut menyebut bahwa razia keliling tersebut akan dilakukan oleh ibu bupati, Sat Pol PP, dan Satgas Covid-19 dengan membawa Mobil Gerakan Disiplin Siswa. 


Berikut bunyi pesan yang beredar tersebut:

"Assalamualaikum wr wb
Bp ibu mohon untuk memberitahukan kepada putra putrinya mulai besok pagi dilarang berkeliaran di luar rumah atau berkerumun ditempat2 keramaian karena ibu bupati bersama satpol PP dan satgas Covid-19 akan razia keliling dg membawa mobil GDS / Gerakan Disiplin Siswa. Bagi yang terjaring akan diangkut di mobil untuk dikarantina, wali murid dan gurunya akan dipanggil juga. Razia masker bagi yang tidak memakai masker disuruh menyemprot lingkungan radius 1000 meter. Mohon untuk dishare di grup wa hari ini juga. Terimakasih. Wassalamu'alaikum wr wb."

Terkait pesan tersebut, Kabag Humas dan Protokol Setda, Sitti Rahmania, mengatakan jika pesan singkat tersebut tidak benar alias Hoax. 

Oleh karena itu, masyarakat Kepulauan Selayar diimbau untuk tidak mudah percaya terhadap berita hoax tersebut.

"jika menerima informasi dimedia sosial baiknya dipelajari selektif mungkin jangan asal ikut menyebarluaskan, jangan sampai kita terjebak dalam lingkaran penyebar berita-berita hoax." ucapnya, Selasa (22/9) 

Rahmania mengajak kepada masyarakat untuk tidak menyebarluaskan kembali karena dikhawatirkan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. (IC) 
-

Komentar