Menu Close Menu

MTQ Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar diikuti 115 Peserta

Minggu, 01 Maret 2020 | 11.25 WIB


DHEAN.NEWS SELAYAR - Musabaqah Tilawatil Qur'an Tahun 2020 tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar diikuti kurang lebih 115 Peserta. Mereka mengikuti beberapa Cabang Lomba,  seperti Tilawah, Tartil Qur'an, Hifzhil Qur'an, Tafsir Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Khottil Qur'an (kaligrafi) dan karya tulis ilmiah Al-Qur'an (KTIQ).

Kegiatan  yang dilaksanakan Pemkab kerjasama Kantor Kemenag ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si di Gedung Juang 45, Sabtu (29/2/2020) Sore.

Pemukulan gong oleh Sekda Selayar menandai pembukaan MTQ tersebut. Namun sebelumnya diawali dengan defile peserta dari 11 kecamatan.


Pada pelaksanaan MTQ ini Sekda Kepulauan Selayar Marjani Sultan mengharapkan para Qori dan Qoriah bisa memberikan kejutan berupa meraih prestasi agar bisa bersaing pada MTQ Sulsel yang akan dihelat pada Bulan April mendatang.

Di sisi lain, Marjani Sultan ingin memasyarakatkan nilai-nilai religius yang terkandung dalam Al-Qur'an. 

"Al-Qur'an adalah produk Allah SWT yang isinya tidak firagukan lagi kebenarannya. Semakin dibaca dan dikaji semakin ditemukan kebenarannya, sedangkan produk manusia itu semakin dikaji semakin ditemukan kelemahannya," ujar Marjani.

Lomba MTQ ini lanju Sekda adalah salah wujud dukungan pemda Kepulauan Selayar jelang MTQ Sulsel di Kabupaten Pangkep. "Tetapi ke depannya kita bisa juga mengambil pembina dari luar yang lebih berpengalam untuk mendidik mereka-mereka yang sudah juara di sini untuk perbaikan ke depan," ucapnya.

Sementara Kepala Bidang Penais Kanwil Kemenag Pemrov Sulsel Drs. H. Rappe mengemukakan agar para juara pada lomba MTQ ini dapat mempersiapkan diri pada ajang yang lebih tinggi di MTQ Sulsel.

"Jadi pada MTQ Sulsel nanti kita akan bertemu dengan para juara-juara dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Semoga para qori dan qoriah Selayar bisa menjadi yang terbaik," kata H. Rappe.

Pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Selayar H. Muh. Irfan Daming melantik para dewan hakim yang bertugas pada pelaksanaan MTQ di Selayar.

Hadir pula Asisten Ekbang dan Kesejahteraan Ir. H. Arfang Arif, unsur forkopimda, para camat para tokoh agama dan tokoh masyarakat bersama undangan lainnya. (IM)

Komentar