Menu Close Menu

Bupati Selayar MBA Lantik 54 Kepala Desa Masa Bakti 2019-2025

Sabtu, 28 Desember 2019 | 13.44 WIB

Dheannews- Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali melantik 54 Kepala Desa hasil Pilkades Serentak tahun 2019. Para kepala Desa ini dilantik untuk Masa Bakti 2019-2025  di Baruga Rumah Jabatan Bupati Kep. Selayar, hari ini Sabtu, 28/12.

Kegiatan Pelantikan didahului dengan Sidang Paripurna Istimewa Badan Perwakilan Desa (BPD) yang dipimpin oleh Ketua BPD Tanamalala Muh. Basir mewakili Anggota BPD dari 54 Desa. Hasil Paripurna menetapkan hasil Pilkades Serentak 2019 yang kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan surat keputusan Bupati Kep. Selayar tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Deaa Masa Bakti 2019-2025.

Inti kegiatan berupa Pelantikan dan Pengambilan  Sumpah Kepala Desa dilakukan langsung oleh Bupati Kep. Selayar yang dilanjutkan dengan Penandatanganan naskah berita acara pengucapan sumpah dan Pemasangan tanda pangkat dan Penyematan tanda Jabatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda, Ketua dan Anggota DPRD, Pimpinan Instansi Vertikal dan Lembaga, Para Kepala OPD, BUMN, Swasta, Perusda, Para Camat dan Lurah, Para Kepala Desa yang dilantik dan Istri, Para Ketua dan Anggota BPD, Undangan, serta ribuan masyarakat yang sebagian besar adalah keluarga Kades yang dilantik.

Bupati Kepulauan Selayar dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelantikan Kepala Desa ini merupakan suatu hal yg bersifat rutin namun memiliki nuansa yang berbeda karena diikuti oleh 54 orang Kepala Desa yang  terpilih melalui Pesta Demokrasi beberapa waktu lalu.

" Pemilihan kepala desa tahun ini diikuti oleh 190 Bakal Calon yg terbagi dari 54 Desa dan 10 kecamatan dgn tingkat Partisipasi Masyarakat 80,98 % yg menandakan bahwa masyarakat lebih memahami arti dan makna Demokrasi yg dilaksanakan di tingkat Desa", ungkap MBA.

 Pelantikan ini menjadi Spirit Bagi Saudara untuk mengembang tugas sebagai Abdi Masyarakat dan Abdi Negara karna merupakan wakil masyarakat yg ada di tingkat Desa yg harus menjadi Contoh yg baik sehingga terbangun hubungan yg baik dengan masyarakat di Wilayah kerja masing-masing.
Dalam sambutannya Bupati juga memberikan pesan khusus kepada Kades yang dilantik. Basli Ali mengatakan bahwa  atas nama pemerintah meminta perhatian kepada saudara kepala desa untuk :

1. Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh2 dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasmasing2.

2. kepala Desa dan BPD merupakan mitra kerja untuk itu saudara harus dapat membangun komunikasi yg harmonis, sekaligus bersinergi dengan tetap melakukan koordinasi dalm pembangunan dan pembinaan masyarakat di desa.

3. Kebijakan pemerintah melalui Bantuan desa dan alokasi desa yang semakin meningkat tiap tahunnya agar bisa berjalan dengan efektif, transfaran dan bisa di pertanggungjawabkan dengan baik.

Menutup sambutannya Bupati mengucapkan terima kasih kepada Polri dan TNI serta Masyarakat yang telah bersama mensukseskan Pilkades hingga tahap pelantikan.

"Kita sampai pada momentum Pelantikan berkat dukungan TNI-POLRI dan Masyarakat yang bersama Pemerintah telah mensukseskan jalannya Pilkades di Kepulauan Selayar. Saya ucapakan selamat kepada ke 54 kepala desa yglang  dilantik dan diambil sumpahnya menjadi abdi masyarakat dan abdi negara yang baik Serta mampu mendorong pemerintahan Kecamatan yang  kuat sehingga melahirkan pemerintahan kabupaten yang  maju, sejahtera dan religius".

Dari Pantauan Media, Pelantikan yang digelar di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Selayar ini menjadi pusat perhatian Warga di Kota Benteng. Ribuan Masyarakat memadati Rujab hingga ke Lapangan Pemuda Benteng sejak pagi hari.

***
As

Komentar