Menu Close Menu

Adanya Kebocoran Anggaran, Kepala Bapenda: Untuk Apa Ada Perusda?

Kamis, 28 November 2019 | 18.00 WIB


DHEAN.NEWS MAKASSAR — PD Parkir Makassar Raya mengatakan setoran jukir sudah sesuai target yang ditetapkan pada setiap wilayah. Namun, realisasi penerimaan retribusi parkir jauh dari target.

Misalnya realisasi pendapatan parkir tepi jalan, hanya Rp6,78 miliar hingga triwulan III. Padahal, targetnya sebesar Rp27 miliar. Asrul selaku Humas PD Parkir Makassar Raya, membantah dugaan ada kebocoran atau potongan setoran dari para juru parkir (jukir) yang berjumlah total 1.800 orang. 

Menurutnya, target pendapatan PD Parkir tidak tercapai akibat target yang dibebankan cukup besar, yaitu Rp46,4 miliar. Realisasinya hingga Oktober baru 32 persen.

Irwan Adnan selaku Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar berharap perusahaan daerah semakin gencar dalam mencari pemasukan. Mereka seharusnya menjadi motor utama dalam memaksimalkan pendapatan.

Irwan mengaku kecewa lantaran perusda tidak dapat mencapai target. Padahal Bapenda berharap perusda yang akan membantu menopang dalam upaya mencapai target Pendapatan Anggaran Daerah (PAD).

“Pertanyaannya? Buat apa kita kasih perusda kalau hanya merugikan. Lebih baik iuran itu kita tarik sendiri supaya bisa jadi retribusi,”tutur Irwan.

Harapan Irwan Adnan selaku Kepala Badan Pendapatan Daerah Makassar, PD Parkir dan perusahaan daerah lainnya harus lebih gencar dalam mencapai target. Seharusnya segala bentuk kritik terhadap kinerja menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik.

Komentar