Menu Close Menu

Ditjen SDPPI Akan Gelar MoTS di Pelabuhan Makassar

Kamis, 24 Oktober 2019 | 18.12 WIB

DHEAN.NEWS TANGERANG  - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika  berencana menggelar kegiatan Maritime on the Spot (MOTS) di wilayah pelabuhan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada 1 November 2019 mendatang.

Rencana kegiatan tersebut menjadi pokok bahasan Direktorat Operasi Sumber Daya dalam Rapat Persiapan serta Inventarisasi Rencana Kebutuhan Kegiatan, di Hotel Mercure Serpong, Tangerang, Kamis (24/10/2019).

Rapat dibuka Kasubdit Sertifikasi Operator Radio Dodik Sudiyono. Peserta yang hadir antara lain Kasubdit Konsultasi dan Data Operasi Fidyah Ernawati, Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Kelas I Makassar Helmi Wartapane, dan para undangan. Mereka membahas teknis pekerjaan yang akan dilakukan, termasuk MOTS di sejumlah pelabuhan wilayah kerja Balai Monitor yang telah dilaksanakan sejak 2 September 2019.

Hasil rapat tersebut, salah satunya menetapkan pelaksanaan MOTS akan dilaksanakan di Pelabuhan Untia Makassar. Panitia akan mengundang para nelayan serta jajaran pejabat dari Syahbandar Pelabuhan Untia.

Melalui MOTS, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat nelayan terhadap keselamatan diri menjadi meningkat. Sosialisasi penggunaan frekuensi maritim dan perizinan bagi nelayan dapat mengurangi risiko dalam melaut.

Sejak dua bulan terakhir ini, pelaksanaan pilot project MOTS dilakukan di delapan wilayah. Rencananya, program ini berlanjut pada 2020 untuk menjangkau 22 UPT Monitoring Frekuensi Radio lainnya. Targetnya adalah meningkatkan kesadaran nelayan terhadap penggunaan alat komunikasi maritim yang berizin dan sesuai peruntukannya.

Komentar