Menu Close Menu

DPPKBPPPA Kabupaten Takalar Selenggarakan PPRG

Kamis, 26 September 2019 | 15.30 WIB

DHEAN.NEWS TAKALAR - Pemkab. Takalar melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunhan anak (DPPKBPPPA) kabupaten Takalar selenggarakan Pelatihan Penyusunan Perencanaan Responsif Gender (PPRG) Tingkat Kabupaten Takalar. 

Pelatihan tersebut akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 26 s/d 27 September 2019 di Gedung PKK Kabupaten Takalar. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Bupati Takalar H. Syamsari,S.Pt.MM diikuti kurang lebih 50 orang peserta terdiri dari para kepala UPT PPKBPPPA se Kabupaten Takalar. 

"Menurut saya tema  kita hari ini adalah harus didukung dengan data yang akurat. Ke depan perlu ada sebuah riset agar kita punya jawaban apakah ada ketimpangan dalam hal kesetaraan gender di Takalar sehingga narasi kita benar. Menurut saya, Rendahnya pendidikan dan dugaan itu banyak di kalangan perempuan yang pendidikannya rendah". Jelas H. Syamsari dalam sambutannya. 

Lanjut dikemukakan bahwa Pemerintah bisa membedah dalam 3 bulan ini dengan mulai meneliti dari hak dasar di bidang pendidikan Sehingga tahun depan ada Penyelesaian hak dasar dan pemberdyaan agar ke depan jauh lebih baik kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang. 

Sementara itu dr. Nilal selaku penyelenggara kegiatan dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk memberi pemahaman kepada peserta tentang pentingnya Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam program pembangunan, Memberi pemahaman tentang model perencanaan berbasis kinerja, Memberi pemahaman konsep dan tatalaksana PPRG, Melatih peserta untuk menyusun PPRG dalam program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan melalui Gender Analisys Pathway (GAP), Gender Budget Statemen (GBS) dan Term of Refern (TOR) dan Melatih peserta untuk mampu melaksanakan monev pelaksanaan PPRG. 

"Dari pelatihan ini diharapkan Peserta akan mampu memahami secara keseluruhan pelaksanaan PPRG mulai dari konsep, pelaksanaan dan monitoring evaluasi, sehingga segera bisa melaksanaannya di lembaga masing-masing". Harap Kadis BPPKBPPPA Kab. Takalar dr. Nilal.

Komentar