Menu Close Menu

Si Jago Merah Lalap Rumah Petambak Di Desa Maroneng

Rabu, 28 Agustus 2019 | 17.30 WIB

DHEAN.NEWS PINRANG - Satu Unit rumah di Kampung sempang, Desa Maroneng Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang ludes dilalap si jago merah, saat di tinggal pemiliknya dalam keadaan kosong menuju tambaknya.

Rumah milik Abd. Samad yang berada di Kampung sempang, Desa Maroneng, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang ini hangus terbakar pada Rabu, (28/08/2019) sore sekitar pukul 16.15 wita.

Kejadian ini bermula saat sang pemilik rumah meninggalkan rumahnya yang dalam keadaan kosong menuju ke area pertambakan yang jaraknya kurang lebih 100 Meter dari rumah.

Menurut Abd. Samad, Selang berapa menit ia meninggalkan rumah, tiba tiba mendengar suara teriakan "ada kebakaran". Saat menoleh, ia pun kaget melihat rumahnya sudah dalam keadaan terbakar.

"Saya tidak tahu bagaimana awalnya. Saat itu saya di tambak, tiba tiba mendengar suara teriakan "ada kebakaran" dan melihat api sudah membakar rumah." Ungkap Abd. Samad

Abd. Samad mengatakan, saat melihat api yang membakar rumahnya, ia pun langsung berlari menuju rumah dan meminta tolong kepada warga setempat untuk membantu memadamkan api, namun kewalahan karena faktor angin bertiup kencang.

"Karena tiupan angin begitu kencang, sehingga api dengan mudahnya merembet dan membesar membakar seluruh bagian – bagian rumah yang terbuat dari kayu. Saya bersama warga sangat kewalahan untuk memadamkan api, karena kurangnya air tambak di sekitar TKP yang disebabkan oleh musim kemarau. Pungkasnya.

Lanjutnya, "secara kebetulan juga mati lampu sehingga tidak bisa menyalakan mesin Pompa air untuk memompa air." Tambahnya.

Pemilik rumah juga menuturkan, Selain berusaha memadamkan api, warga juga menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Kurang lebih setengah jam, 4 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung memadamkan api yang sudah menghanguskan rumah bersama 4 unit sepeda, 1 unit mesin parut kelapa,1 unit sepeda motor, 1 unit Mesin gergaji kayu dan seluruh prabot rumah. Terangnya.

Selain itu, Petugas kepolisian yang datang ke lokasi kebakaran langsung menggelar olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi terkait peristiwa yang meludeskan rumah tersebut.

"Informasi yang dihimpun menyebutkan, rumah dalam keadaan kosong dan ketika kebakaran berlangsung sang pemilik rumah sementara berada di tambaknya." Kata Kanit Reskrim Polsek Duampanua, Ipda Bustan.

Dugaan sementara, kebakaran ini berasal dari arus pendek listrik dari kabel utama. "Untungnya Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun pihak korban mengalami kerugian materil di taksir ratusan juta rupiah." Tutupnya.

Komentar