Menu Close Menu

Pangdam IV : TMMD Wujudkan Kebersamaan Dan Ciptakan Sinergitas Positif

Kamis, 08 Agustus 2019 | 22.12 WIB

DHEAN.NEWS DEMAK - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 105 di wilayah Kodam IV/Diponegoro secara resmi ditutup.   Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M., memimpin upacara penutupan TMMD di wilayah Kodim 0716/Demak, yang berlangsung di lapangan Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kota,  Kabupaten Demak,  Kamis (8/8/2019).

Upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-105 yang mengambil tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Dalam amanatnya,  Pangdam IV/Diponegoro menyampaikan, TMMD yang berlangsung selama satu bulan mewujudkan kebersamaan para prajurit Kodam IV/Diponegoro, Pemerintah Daerah, dan segenap komponen masyarakat  untuk saling bahu membahu guna menciptakan sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara.

TMMD Reguler ke-105 tahun 2019 di wilayah Kodam IV/Diponegoro dilaksanakan secara tersebar di berbagai wilayah diantaranya di Kabupaten Tegal, Kabupaten Demak, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Gunung Kidul. Dan sebagai imbangan juga dilaksanakan TMMD sengkuyung yang dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di wilayah Jawa tengah dan DIY.

Khusus di wilayah Kodim Demak sasaran fisik yang telah  dicapai selama pelaksanaan TMMD antara lain Pengerjaan Talud di Lap. Desa Kalikondang sepanjang 220 m, lebar 0,30 m, tinggi 1 m, Betonisasi : jalan Dukuh Prigi uk. 413 m, lebar 4 m x tebal 0,15 m, jalan Dukuh Krajan uk. 122 m, lebar 4 m, tebal 0,15 m, jalan Dukuh Krajan uk 23 m, lebar 2 m, tebal 0,15 m, jalan Dukuh Duduk uk 63 m, lebar 3,50 m, tebal 0,15 m, jalan Dukuh Duduk uk 55,50 m, lebar 3,30 m, tebal 0,15 m. Pembangunan RTLH  sebanyak 14 unit, sanitasi/jamban 3 unit, dan Poskamling sebanyak 2 unit.

Program TMMD kali ini tidak hanya melaksanakan pembangunan  fisik namun juga sasaran non fisik diantaranya Penyuluhan-penyuluhan dari Deradikalisasi Terorisme dari Polres Demak, Bintal dan Kerukunan Umat Beragama, dari FKUB Kab. Demak, Pertanian dari Dinas Pertanian Kab.Demak, Kamtibmas dari Polres Demak, perbaikan RTLH dari PU Taru Perkim Kab. Demak, Pelayanan KB dari Dinpermades P2KB Kab.Demak.

Selain itu juga dilaksanakan penyuluhan tentang bahaya listrik dr PLN Kab. Demak, Zakat,Infak dan Sodaqoh dr Baznas Kab. Demak, pembinaan kearsipan Desa dan menumbuhkembangkan perpustakaan Desa, Pembinaan Keluarga penerima manfaat(KPM) Keluarga Harapan (KPH)  untuk percepatan Gadruasi mandiri dr Dinsos Kab. Demak dan  Penyuluhan Bazar Produk UKM dr Dinlutkan Kab.Demak.

Dengan berakhirnya TMMD Reguler ke-105, Mayjen TNI Mochamad Effendi, berpesan agar semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat terus dipelihara dengan menyelesaikan dan memberikan kontribusi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Tak hanya itu, semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik harus terus dipelihara. Dan satu hal yang tidak kalah pentingnya, memelihara hasil program TMMD sehingga dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang, pungkasnya. 

Hadir pada upacara tersebut, Forkopimda Provinsi Jawa Tengah, Danrem 073/Mkt, Para Asisten Kasdam IV/Diponegoro, Kakesdam, Kapendam, Danpomdam, Bupati dan anggota FKPD Kabupaten Demak, Pejabat Dinas/Instansi terkait Provinsi Jateng dan Para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta organisasi kemasyarakatan.
Turut hadir Ketua Persit KCK PD IV/Dip 
Usai upacara penutupan, Pangdam beserta rombongan meninjau hasil TMMD yang telah dicapai. 

Sementara itu,  upacara penutupan TMMD Reg 105 juga digelar di wilayah Kodim 0712/Tegal yang dipimpin Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh  Muji Angkasa, S.E., M.M., Kodim 0723/Klaten dipimpin Danrem 074/Wrt Kolonel Inf Rafael Granaa Baay dan di wilayah Kodim  0730/Gunungkidul dipimpin Kasrem 072/Pmk Kolonel Puji Setiono.

Komentar