Menu Close Menu

Gowes Kamtibmas, Cara Kapolres Enrekang Dekatkan Diri dengan Masyarakat

Minggu, 04 Agustus 2019 | 23.33 WIB

DHEAN.NEWS -  Silaturrahmi merupakan salah cara Kapolres Enrekang AKBP. Ibrahim Aji, S.Ik dalam rangka mendekatkan diri dengan warganya. Tak hanya datang menyambangi warganya, orang nomor satu di jajaran Polres Enrekang itu juga rutin bersepeda (gowes) bersama komunitas sepeda di Kabupaten Enrekang.

Polres Enrekang yang dipimpin langsung oleh Kapolres Enrekang AKBP. Ibrahim Aji, S.Ik bersama dengan jajaran minggu pagi menggelar kegiatan gowes bersama komunitas ECC (enrekang Cycling club) dengan mengambil rute Rute star yang berlokasi didepan pos lantas polres Enrekang menuju ke mata dewa  dilanjutkan perjalanan di seputar wilayah sungai saddang atau yang lebih dikenal oleh warga dengan sebutan swiss, patung sapi -lewaja  dan kembali finis kembali pos lantas, Minggu (04/08/2019).

Usai kegiatan tersebut Kapolres Enrekang AKBP. Ibrahim Aji, S.Ik yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan bahwa berolahraga sekaligus bersilaturahmi dengan komunitas sepeda, Ini sudah menjadi aktifitas kami diwaktu senggang, selain menjaga kebugaran, kegiatan ini juga mampu mendekatkan kita bersama warga, selain itu komunikasi kita bersama warga dapat terhubung sehingga nantinya diharapkan tidak ada lagi sekat antara kami dan masyarakat” ujarnya.

“Disamping itu, ini juga merupakan wujud dari program unggulan kami yakni panca siap yang mana pada point keempat berbunyi Siap Bersilaturrahim, artinya kami di Polres Enrekang senantiasa akan bersilaturrahim bersama seluruh elemen, sehingga dengan kedekatan ini polri dan masyarakat mampu bersama – sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” lanjutnya.

Dekatkan diri kepada masyarakat dengan kegiatan gowes merupakan cara efektif menjaga kamtibmas, tidak hanya itu bersepeda juga memiliki banyak manfaat, berikut beberapa manfaatnya dikutip dari hellosehat.com :

1.Mengendalikan berat badan

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengendalikan berat badan karena bersepeda dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh.

2.Mengurangi resiko penyakit jantung

Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah.

3.Mengurangi resiko kanker

Jika Anda mempertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur, maka hal tersebut akan membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal.

4.Mengurangi resiko diabetes

Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

5.Meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan koordinasi otot tubuh

Bersepeda dapat mencegah Anda mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

6.Mengurangi stres

Melakukan aktivitas fisik, termasuk bersepeda, akan membuat tubuh Anda memprodukdi hormon dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga dapat mengurangi stres, atau bahkan depresi yang Anda alami.

Komentar