Menu Close Menu

Su-27/30 TNI AU Gempur Sasaran di Lumajang

Sabtu, 29 Juni 2019 | 12.46 WIB
DHEAN.NEWS MALANG - Kehadiran jet tempur Su-27/30 dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar di Lanud Abdrulrachman Saleh, Malang membuat langit Malang Raya dan sekitarnya lebih bergemuruh.

Raungan mesin kawanan Flanker terdengar di udara dalam beberapa hari terakhir, mengantarkan para penerbangnya mengasah profesionalisme dalam mengawaki pesawat ini.

Misi lain yang dilaksakanan Thunder Family adalah melaksanakan pengeboman di Air Shooting Range (ASR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur.

Kamis (28/6), pesawat Su-27/30 terbang rendah di atas kota Malang. Menurut Komandan Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Pnb Meka Yudanto, pesawat terbang rendah di atas kota Malang karena kota sejuk ini merupakan jalur naik-turun pesawat menuju landasan pesawat Lanud Abdulrachman Saleh yang berada di Kecamatan Pakis.

Sebelum mendekati landasan, pesawat sudah memposisikan diri ke arah landasan. Sehingga, pesawat tempur buatan Rusia ini terbang agak rendah mendekati daratan.  

Ketika terbang rendah, lanjutnya, suaranya cukup menggelegar dan dirasakan di darat cukup keras.

Direncanakan, TNI AU akan melaksanakan latihan puncak “Angkasa Yudha 2019”. Latihan puncak merupakan akumulasi dari latihan prajurit TNI AU yang dilaksanakan secara berjenjang (berurut) mulai dari tingkat perorangan, satuan, antarsatuan, hingga tingkat TNI AU.

Latihan Angkasa Yudha selain meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit TNI AU, juga bertujuan menguji doktrin, koordinasi, kerjasama, keterpaduan pola operasi serta kemampuan teknologi informasi dalam penyelenggaraan kegiatan operasi udara dalam menghadapi ancaman.

Demikian tulis Kepala Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Sus Dodo Agusprio dalam siaran pers yang dilayangkan kepada redaksi AR.

Sebelum Latihan Angkasa Yudha digelar, terlebih dahulu diadakan beberapa kegiatan berupa latihan posko oleh pelaku selama beberapa hari di Seskoau, Lembang pada akhir Juni hingga awal Juli.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan manuver lapangan selama beberapa hari pada pertengahan Juli 2019 nanti.

Selain Latihan Angkasa Yudha, TNI AU akan melaksanakan demo penembakan udara atau Fire Power Demo (FPD) pada minggu terakhir Juli 2019 di ASR Pandanwangi, Lumajang. 

Latihan pesawat Sukoi di Lanud Abdulrachman Saleh saat ini, adalah untuk mempersiapkan diri (latihan pendahuluan) dalam pelaksanaan manuver lapangan dan FPD tersebut. 

Komentar