Menu Close Menu

Kompak Hadiri Acara Adat di Sangalla, TNI dan Polri : Kami Bagian dari Masyakarat

Minggu, 09 Juni 2019 | 07.30 WIB
DHEAN.NEWS TORAJA UTARA - Masyarakat adat Kabupaten Tana Toraja mengadakan acara Syukuran Tongkonan bertempat di Tumanete Kelurahan Buntu Masakke Kecamatan Sangalla Kabupaten Tana Toraja , Sabtu (08/06/2019)

Syukuran Tongkonan merupakan salah satu bagian dari adat Toraja yang sampai saat ini masih lestari, dan acara adat tersebut kembali dilaksanakan di Sangalla.

Polres Tana Toraja yang di wakili oleh Polsek Sangalla menggandeng Kodim 1414 Tana Toraja. Kapolsek Sangalla AKP Marthen Tangallo bersama  Danramil Pelda Yoseph hadir ditengah tengah masyarakat, turut serta merasakan kegembiraan masyarakat dalam prosesi syukuran Tongkonan yang disebut MANGRARA.

Upacara syukuran Tongkonan ini juga menjadi salah satu upacara dari masyarakat toraja.
Meskipun berbeda dengan upacara kematian, namun layaknya sama dengan upacara kematian. Allang disambungkan jadi satu menjadi tempat bagi keluarga dan tamu keluarga, menghadap ke tongkonan yang akan diresmikan. 

Sebuah silsilah keluarga terpasang di tongkonan. Dalam silsilah tersebut, terdapat silsilah mulai dari simbah buyut sampai keturunan terbawah. 

" TNI POLRI adalah bagian dari masyarakat, mengabdi untuk masyarakat dan bersama sama dengan masyarakat  membangun harmonisasi di tengah tengah masyarakat ". Kata Merthen Tangallo yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas Briptu Suhendar.

Komentar