Menu Close Menu

Forkopimda Sulut Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Samrat 2019

Selasa, 28 Mei 2019 | 19.34 WIB
DHEAN.NEWS MANADO – Jajaran Kepolisian di seluruh Indonesia kembali menggelar Operasi Ketupat Tahun 2019, Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Operasi ini akan dilaksanakan selama 13 hari, dimulai Rabu dini hari tanggal 29 Mei 2019 sampai dengan hari Senin tanggal 10 Juni 2019.

Dimulainya Operasi ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan di masing-masing Markas Komando. Di Sulawesi Utara, Apel dipusatkan di halaman Mapolda Sulut, Selasa (28/5/2019) dihadiri oleh pasukan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Basarnas dan Pol PP.

Apel ini dipimpin bersama oleh Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto didampingi Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang. Nampak hadir pula Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan seluruh Pejabat Forkopimda di Sulawesi Utara bersama stake holder terkait lainnya.

Membacakan amanat Kapolri, Kapolda Sulut menyebut jika operasi kali ini memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya. “Operasi Ketupat Tahun 2019 akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2019,” katanya.
Hal tersebut katanya membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2019 semakin kompleks.

Ia juga mengatakan berbagai gangguan terhadap stabilitas kamtibmas bisa terjadi, seperti aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personel dan markas Polri. Berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal, dan premanisme. Aksi intoleransi dan kekerasan, seperti aksi sweeping oleh ormas.

Juga ada gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut, dan udara. Permasalahan terkait stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok dan bencana alam.

Operasi Ketupat Tahun 2019 akan diselenggarakan di seluruh 34 Polda dengan 11 Polda prioritas, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda DIY, Polda Jawa Timur, Polda Banten, Polda Lampung, Polda Sumatra Selatan, Polda Sulawesi Selatan, Polda Bali, dan Polda Papua.

Secara keseluruhan, Operasi akan melibatkan 160.335 personel gabungan di seluruh Indonesia, terdiri atas 93.589 personel Polri, 13.131 personel TNI, 18.906 personel Kementerian dan Dinas terkait, 11.720 personel Satpol PP, 6.913 personel Pramuka, serta 16.076 personel organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Polri juga akan melakukan penggelaran 2.448 Pos Pengamanan, 764 Pos Pelayanan, 174 Pos Terpadu, dan 12 lokasi check point sepeda motor, pada pusat aktivitas masyarakat, lokasi rawan gangguan kamtibmas, serta lokasi rawan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Objek pengamanan dalam Operasi Ketupat Tahun 2019, antara lain berupa 898 terminal, 379 stasiun kereta api, 592 pelabuhan, 212 bandara, 3.097 pusat perbelanjaan, 77.217 masjid, dan 3.530 objek wisata.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sulut saat dikonfirmasi usai Apel mengatakan, Polda Sulut dan jajaran akan menerjunkan ribuan pasukan dalam pengamanan Idul Fitri nantinya.

Katanya ada kurang lebih 65 Pos yang disiapkan oleh Polda Sulut dan jajaran dalam pengamanan nantinya, yang meliputi Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu.

“Pos-pos ini akan ditempati oleh personil-personil gabungan yang akan melayani para pemudik nantinya,” ujar Kabid.

Ia juga mengimbau kepada warga agar mewaspadai kejahatan- kejahatan atau gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi seperti aksi copet, pencurian dalam rumah kosong maupun kebakaran rumah akibat ditinggal pergi.

Komentar