Menu Close Menu

Dandim 0104/Atim Kepada Personel Pam Pemilu : Bertanggung Jawab dan Profesional

Selasa, 16 April 2019 | 14.01 WIB
DHEAN.NEWS LANGSA - Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis berpesan kepada para Danramil jajaran Kodim 0104/Atim untuk para personel yang melaksanakan Pengamanan Pemilu Tahun 2019, yang bertempat di Makodim, Jln. Jenderal Ahmad Yani, Desa Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Selasa (16-04-2019).

Pertama, petugas pengamanan TPS harus mampu menguasai situasi di lokasi TPS yang menjadi tanggung jawab dan kenali petugas KPPS serta kerawanan yang mungkin timbul, "ungkapnya. 

Kedua, petugas pengamanan harus segera mengenali lingkungan TPS yang menjadi tanggung jawab pengamanannya, kenali tokoh masyarakat, pemuda,agama dan tokoh adat untuk dapat menjalin komunikasi sehingga kerawanan yang mungkin timbul dapat diantisipasi.

Lanjut yang Ketiga, kenali petugas TPS yang terdiri dari KPPS, anggota PPS dan linmas yang bertugas di TPS tersebut. Bina Koordinasi dan komunikasi yang baik dengan mereka guna menciptakan kolaborasi tugas yang harmonis di TPS.

Keempat, kenali dan jalin komunikasi dengan instansi terkait serta tokoh masyarakat disekitar TPS secara proaktif, guna membantu kelancaran proses pemungutan suara di TPS.

Kelima, laksanakan tugas di TPS yang sesuai ketentuan dengan mengedepankan petugas KPPS dan linmas.

Keenam, jaga citra TNI dengan menunjukkan sikap dan perilaku sebagai personil TNI yang profesional, humanis dan selektif selama bertugas di TPS. Jangan melakukan tindakan arogan selama melaksanakan tugas pengamanan TPS, ”pesannya. 

Ketujuh, jaga netralitas TNI dengan tidak terlibat politik praktis yang memungkinkan akan dilakukan oleh tim sukses pasangan calon legislatif, presiden dan wakil presiden.

TNI merupakan institusi yang diberi tanggung jawab untuk menjamin keamanan, kelancaran, dan ketertiban rangkaian selama pemilu.

“Ini semua sudah diamanatkan oleh undang-undang. Jaga kepercayaan masyarakat, bangsa, dan negara ini. Ini tugas kita, ”pungkasnya.

Komentar