Menu Close Menu

Penyuluhan Kesehatan RSUD Langsa Untuk Anggota Persit KCK Cabang XXI

Senin, 11 Maret 2019 | 20.22 WIB
DHEAN.NEWS LANGSA - Gangguan otak dan sistem saraf adalah kerusakan yang terjadi di otak atau saraf pendukung otak, ataupun keduanya, sehingga memengaruhi fungsi saraf dan otak, "beber Dr. Ervina Susanti Harahap, Sps (Dokter spesialis saraf RSUD Langsa) kepada Anggota Persit KCK Cabang XXI Dim 0104 saat memberikan penyuluhan kesehatan dalam kegiatan pertemuan gabungan dan tatap muka yang bertempat di Aula Garasi Makodim, Desa Payobujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Senin (11-03-2019) .

Lanjutnya, Dr. Ervina juga menjelaskan tentang penyakit stroke, yang mana Stroke adalah gejala-gejala defisit fungsi saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak. Gangguan fungsi syaraf pada stroke disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak non traumatik, "ungkapnya. 

Gangguan syaraf tersebut menimbulkan gejala antara lain: kelumpuhan wajah atau anggota badan, bicara tidak lancar, bicara tidak jelas (pelo), perubahan kesadaran, gangguan penglihatan, dan lain-lain. Stroke merupakan penyebab disabilitas nomor satu dan penyebab kematian nomor dua di dunia setelah penyakit jantung iskemik baik di negara maju maupun berkembang.

Stroke dapat mengakibatkan kematian atau kecacatan yang akan menurunkan status kesehatan dan kualitas hidup penderita stroke, di samping itu akan menambah beban biaya kesehatan yang ditanggung keluarga, "tegasnya. 

Stroke dapat dicegah dengan pengendalian perilaku yang berisiko seperti penggunaan tembakau, diet yang tidak sehat dan obesitas, kurang aktivitas fisik serta penggunaan alkhohol.

Faktor perilaku tersebut tersebut, merupakan penyebab terjadinya faktor risiko fisiologis atau faktor risiko seperti hipertensi, diabetes melitus, dislipidemia , obesitas, dan lain-lain yang dapat menyebabkan terjadinya stroke.

Untuk mencegah terkena penyakit tidak menular seperti stroke maka dianjurkan untuk setiap individu meningkatkan gaya hidup sehat dengan perilaku “CERDIK”, yaitu , Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres, "pungkasnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis yang diwakili oleh Pasipers Kapten Inf Alpani selaku pembina harian, Wakil Ketua Persit KCK Cabang XXI Ny. Devy Muthalib Tallasa, seluruh anggota Persit KCK Cabang XXI Dim 0104/Atim Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda.

Komentar