Menu Close Menu

Pemilu 2019, Polres Gowa Gelar Simulasi Tactical Floor Game Kontijensi

Minggu, 03 Maret 2019 | 11.07 WIB
DHEAN.NEWS GOWA - Dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilu, pada Sabtu (02/03) pukul 08.00 wita jajaran Polres Gowa menggelar simulasi Tactical Floor Game (TFG) Kontijensi.

Simulasi yang digelar di Aula Endra Dharmalaksana ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi, dan turut diikuti oleh Wakapolres Gowa Kompol Muh. Fajri, para pejabat utama, para kasat, kapolsek, serta perwira, dan brigadir Polres Gowa.

Kapolres mengatakan, simulasi ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran umum kepada personil dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 di Kabupaten Gowa, khususnya untuk Sispamkota Kontijensi. “Simulasi ini dilakukan agar apabila terjadi kontijensi, maka seluruh personil dapat selalu siap untuk menghadapinya,” tambah Shinto.
Kegiatan simulasi ini pun dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan Sispamkota, yang dilengkapi dengan berbagai komponen alat peraga berupa miniatur prajurit, kendaraan, rumah, dan lain-lainnya.

Sebanyak 5 skenario situasi juga disimulasikan dalam Tactical Floor Game (TFG) kontijensi ini, diantaranya situasi aksi protes dari masyarakat setempat di TPS yang menuntut kepada KPPS untuk diberi ijin mencoblos dan mengancam akan memboikot jalannya pencoblosan apabila tak diberi ijin.

Situasi kedua, yakni saat pengawalan kotak suara dari TPS ke Kantor PPK, ada beberapa warga yang menghadang dan mencoba untuk merebut kotak suara.

“Yang ketiga, adanya aksi massa di Kantor PPK, serta keempat adanya aksi unjuk rasa di Kantor KPUD Gowa, dan yang terakhir situasi dan kondisi kota sudah tidak kondusif dengan eskalasi massa yang meningkat dan semakin beringas sehingga diberlakukan Sispamkota Kontijensi,” jelas Kabag Ops Polres Gowa Kompol Sudaryanto saat memaparkan skenario simulasi.

Cara bertindak pun tak luput disimulasikan dalam Tactical Floor Games (TFG) ini, untuk memberikan pemahaman secara langsung peran dan tugas masing-masing personil dalam menghadapi seluruh rangkaian Pemilu, utamanya saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pelatihan TFG ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan pemahaman kepada personil dalam bertindak menghadapi seluruh rangkaian pelaksanaan Pemilu pada 17 April mendatang,” kata Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga.

Adapun dalam waktu dekat, Polres Gowa juga akan melaksanakan simulasi Sispamkota yang akan menghadirkan dihadiri stakeholder, serta akan diwarnai beberapa kegiatan lainnya.

Komentar