Bintan Iron Man 70.3 Bakal Banjir Peserta | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Bintan Iron Man 70.3 Bakal Banjir Peserta

Rabu, 13 Maret 2019 | 13.59 WIB
DHEAN.NEWS BINTAN – Memasuki tahun keempat, Iron Man 70.3 diprediksi bakal dibanjiri peserta. Event yang sudah dilaksanakan sejak 2015 ini akan kembali berlangsung di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Tepatnya pada 25 Agustus 2019 mendatang.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, Iron Man 70.3 akan dipusatkan di Lagoi Bay, dan tentunya akan menguntungkan sektor pariwisata di Kepulauan Riau, khususnya Bintan dan Tanjungpinang.

“Iron Man 70.3 adalah satu dari tiga event di Bintan yang masuk dalam Top 100 CoE Kemenpar 2019. Selain Iron Man ada Bintan Triathlon (7-9 Juni) dan Tour de Bintan (29-31 Maret),” ujarnya, Kamis (7/3).

Rizki menjelaskan, ada tiga tahapan atau jalur yang harus dilewati peserta Iron Man 2019. Yaitu Perfect Swim Conditions sejauh 1,9 Km, Spectacular One-Lap Bike Course sejauh 90 Km, dan Scenic Run Course sejauh 21,1 Km. Peserta harus disiplin karena pukul 5 pagi semua sudah harus berkumpul di transition area untuk mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan.

“Pada tahap pertama yaitu Perfect Swim Conditions, dimulai dari pantai sekitar pukul 6 pagi. Semua peserta wajib berenang di perairan Teluk Lagoi. Setelaah itu, dilanjutkan dengan Spectacular One-Lap Bike Course. Pada tahap kedua ini, peserta akan bersepeda di jalanan berkelok melewati bagian barat laut pulau,” bebernya.

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menambahkan, pada tahap kedua yakni Spectacular One-Lap Bike Course, peserta akan bersepeda sembari menikmati pemandangan hutan dan pantai. Sangat menarik. Setelah menempuh perjalanan sekitar 90 Km, barulah peserta naik ke tahap terakhir yaitu Scenic Run Course. Peserta akan berlari 2 lap dengan pemandangan Teluk Lagoi.

“Iron Man 70.3 adalah lomba yang menarik. Namun begitu, semua peserta harus memiliki kondisi fisik yang prima karena tiap tahapan yang diikuti benar-benar akan menguras tenaga. Kegiatan ini masuk dalam sport tourism dan diharapkan dapat menarik banyak peserta mancanegara,” ungkapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, sport tourism menjadi salah satu konsep yang cukup berhasil menarik wisatawan mancanegara. Terbukti, dari tahun ke tahun kunjungan wisman ke Bintan terus meningkat. Ini menjadi kabar baik bagi industri pariwisata setempat.

“Tahun ini, Bintan akan menggelar beberapa event yang masuk kategori sport tourism. Semua sangat berpotensi menarik peserta mancanegara. Sebut saja Tour de Bintan, Bintan Triathlon, Iron Man, Bintan Marathon, Bintan Golf Challenge, dan Bintan KasmaRun. Pengalaman tahun sebelumnya, selalu ada warga negara asing yang ikut partisipasi sebagai peserta,” jelasnya.

Komentar