Menu Close Menu

Wabup Irwan Optimis Lutim Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

Sabtu, 02 Februari 2019 | 22.35 WIB
DHEAN.NEWS LUWU TIMUR - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kembali berobsesi meraih penghargaan Kabupaten Sehat dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, kali ini Bumi Batara Guru menargetkan penghargaan dengan kategori Swasti Saba Wistara, hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, saat mendampingi Tim Verifikasi lapangan Kabupaten Sehat dari Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (01/02/2019) di TPA Ussu Kecamatan Malili.

Irwan menuturkan bahwa, Pemerintah Daerah Luwu Timur mengaku optimis meraih penghargaan Kabupaten sehat Kategori Swasti Saba Wistara, pasalnya pada kesempatan ini Luwu Timur mendorong sembilan (9) tatanan penyelenggaraan Kabupaten sehat tahun 2019 yang meliputi :
1. Tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum.
2. Tatanan kawasan Sarana lalu lintas tertib dan pelayanan Transportasi.
3. Tatanan kawasan pertambangan sehat.
4. Tatanan kawasan hutan sehat.
5. Tatanan kawasan Industri dan kantor sehat.
6. Tatanan kawasan pariwisata sehat.
7. Tatanan Ketahanan pangan dan gizi
8. Tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri.
9. Tatanan kehidupan sosial yang sehat.

Lanjut ia menuturkan bahwa, perlunya membangun komitmen yang kuat guna mencapai target Penghargaan Swasti Saba Wistara tersebut.

“Semoga kehadiran Tim Verifikasi lapangan ini bisa menambah semangat dan motivasi seluruh pihak untuk mencapai tatanan dan menghasilkan kesimpulan apa yang harus dilakukan kedepan," harap Irwan.

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat Luwu Timur, dr. Ani Nurbani Ali, saat dikonfirmasi meminta kepada seluruh komponen dan stakeholder terkait untuk senantiasa membangun kerjasama yang baik agar Kabupaten Luwu Timur mampu meraih penghargaan kategori Swasti Saba Wistara.

“Semoga seluruh tatanan yang sudah ada bisa dicapai. Kita tidak hanya mengejar penghargaan, tapi yang paling penting adalah implementasi dari penghargaan itu sendiri,” kata Ani Nurbani.

Untuk diketahui, Wabup Irwan bersama Kepala Dinas Kesehatan, dr. April, dan Wakil Ketua Forum Kabupaten sehat, Firnandus Ali, mendampingi Tim Verifikasi lapangan meninjau sejumlah lokus yang ditetapkan seperti SD 238 Mallaulu, TPA Ussu, kantor Desa Tabarano, Pasar Malindungi Sorowako, Pantai Ide Sorowako dan Kantor Camat Nuha.

Komentar